Pati (02/08/2021), Pandemi Covid-19 yang semakin meningkat sehingga pemerintah menetapkan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang menyebabkan KKN tahun ini dilakukan secara daring (online). Hal ini tentu saja tidak mengurangi semangat dan esensi dari KKN tahun ini. Putri Agustina Sri Rejeki, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP yang melakukan KKN di Desa Dukutalit memberikan edukasi kepada warga tentang covid-19 dan strategi pemasaran untuk mempertahankan usaha di masa pandemi.
Program pertama dilakukan dengan melaksanakan Edukasi Tutorial Pembuatan Obat Tradisional untuk meningkatkan imun dan perawatan Kesehatan di masa pandemi. Resep obat tradisional ini bersumber dari SURAT EDARAN NOMOR: HK.02.02/IV.2243/2020 TENTANG PEMANFAATAN OBAT TRADISIONAL UNTUK PEMELIHARAN KESEHATAN, PENCEGAHAN PENYAKIT, DAN PERAWATAN KESEHATAN.Â
Edukasi dilakukan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 dengan pembuatan video lalu diupload ke Youtube serta menyebarkan poster untuk dibagikan saat sosialisasi melalui Whatsapp Group dengan Karang Taruna Bhakti Muda Dukutalit.
Sosialisasi ini disambut baik dan meriah oleh anggota Karang Taruna walaupun pelaksanaannya secara online tidak mengurangi antusias mereka. Sesi tanya jawab juga dibanjiri pertanyaan pertanyaan yang cukup menarik.Â
Selain itu, juga ada reward bagi partisipan yang aktif berupa pulsa telepon yang tentunya akan menambah antusias anggota Karang Taruna.
Selain program Edukasi Pembuatan Obat Tradisional, program lain dari Mahasiswa KKN di Desa Dukutalit ini yaitu Program Bagi-Bagi Masker. Sasaran program ini adalah warga Desa Dukutalit RT 01/RW 02. Program ini juga disambut antusias warga bahkan sampai anak-anak.Â
Diharapkan dengan adanya program "Bagi-Bagi Masker" ini warga desa menjadi lebih sadar untuk menggunakan masker ketika keluar rumah terutama anak-anak ketika bermain seringkali tidak  memakai masker.
Program kedua juga masih terkait edukasi yaitu mengenai Strategi pemasaran Marketing Mix 7P. Dalam memulai usaha tentunya harus memiliki strategi yang bagus, salah satunya adalah berkaitan dengan pemasaran.Â
Pada hari Jumat, 31 Juli 2021 Mahasiswa KKN UNDIP memberikan edukasi secara online kepada masyarakat Dukutalit dalam bentuk modul tentang Strategi Pemasaran Marketing Mix 7P untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada warga terutama yang memiliki usaha produk maupun yang akan merintis usaha.Â
Strategi pemasaran ini dikemas dalam bentuk modul yang terdiri dari 7 poin yaitu (Product, Place, Price, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Sosialisasi masih dilakukan secara online dengan aplikasi Zoom Meeting karena kondisi yang masih tidak memungkinkan.
Sebelum sosialisasi dimulai, dilakukan koordinasi dan pembagian link zoom meeting melalui Whatsapp Group. Pelaksanaan sosialisasi melalui zoom meeting ini mendapat respon yang cukup baik dari warga.Â
Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini warga menjadi tahu bahwa ada yang Namanya Strategi Pemasaran yang bisa diterapkan untuk usaha mereka. Selain itu, masyarakat juga lebih paham dan lebih teredukasi tentang Strategi Mix Marketing 7P ini sehingga usaha yang mereka lakukan akan tetap bertahan walaupun banyak guncangan di masa pandemic seperti sekarang ini.
Walaupun banyak kekurangan dan halangan di masa pandemi seperti ini, kegiatan KKN Tim II Undip Periode 2020/2021 dapat dilaksanakan dengan lancar tanpa mengurangi tujuan dari KKN ini. Diharapkan ilmu yang sudah dibagikan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya Warga Desa Dukutalit, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Referensi
Rokhlinasari, Sri dan Deyanti. 2015. Efektivitas Pemasaran Hijabstory Cabang Cirebon. Jurnal Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam:61-73
Penulis : Putri Agustina Sri Rejeki, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Industri
DPL: dr. Dodik Pramono, M.Si., Med.