Mohon tunggu...
Putra Wiwoho
Putra Wiwoho Mohon Tunggu... -

Pengamat sosial

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Makna Kemerdekaan, Sebuah Inspirasi untuk Kaum Muda

16 Agustus 2016   13:15 Diperbarui: 16 Agustus 2016   13:22 320 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Makna Kemerdekaan, Sebuah Inspirasi untuk Kaum Muda
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Setiap tanggal 17 Agustus, kita memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang kita cintai. Dalam benak kita sebagai generasi penerus bangsa bahwa kemerdekaan itu adalah hasil jerih payah, para pahlawan bangsa dengan semangat membara, bersatu mengusir penjajah dari bumi pertiwi.

Apa sebetulnya makna dan tujuan kita mengadakan peringatan hari kemerdekaan itu? Pertama, untuk mendoakan para pahlawan kita. Kedua, adalah untuk mengenang pengorbanan mereka. Ketiga, bagaimana kita dapat menimba teladan hidup dari mereka. Ibarat mercu suar di tepi laut, yang menjadi pedoman bagi semua nelayan, para pahlawan itu adalah penunjuk arah yang jelas bagi kehidupan kita, sekarang dan masa depan yang penuh tantangan dan harapan.

Inspirasi apakah yang diwariskannya? Inspirasi dan nilai-nilai yang dapat kita ambil dari peristiwa menjelang detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu Pertama, adalah Cita-cita yang jelas. Kedua, adalah Semangat Pantang Menyerah. Ketiga, adalah Keberanian. Keempat, adalah Semangat Berkorban.

Yang tak kalah penting adalah Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Kalau kita cermati dan hayati ketika kita berziarah ke taman makam pahlawan, di sana kita jumpai nama yang terukir indah, mungkin bisa jadi nama orang itu berasal dari daerah kita. Kita akan bangga membaca nama mereka. Para pahlawan yang gagah perkasa telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tanah air, demi kita generasi penerus, dan ini membuat kita bangga.

TNI Angkatan Darat Laksanakan Pameran Alutsista

Menyambut HUT ke-71 Kemerdekaan RI, satuan-satuan TNI Angkatan Darat dari Sabang sampai Merauke juga tidak mau ketinggalan, dimana melaksanakan pameran Alutsista yang dimiliki agar diketahui masyarakat luas. Salah satuanya dilakukan oleh Korem 072/Pamungkas Jogyajarta gelar pameran Alutsista “ Independence Day Military Expo” tahun 2016 di Jogja City Mall (JCM) Jl. Magelang Km 5,5 Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta yang digelar mulai 15-18 Agustus 2016 dengan menghadirkan sejumlah peralatan tempur modern yang dimiliki TNI, seperti Tank Leopard, Radar Mobile MLAAD, Rudal Chiron, dan lain-lain serta dimeriahkan dengan drumband Taruna AAU.

Pameran ini dilaksanakan untuk menunjukkan serta menampilkan Alutsista yang dimiliki TNI kepada masyarakat luas dan sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI terhadap rakyat, karena bagaimana pun ini hasil dari uang rakyat. Alutsista ini dibeli dengan menggunakan uang rakyat. Sehingga rakyat harus tahu, dan juga bisa melihat lebih dekat Alutsista baru yang dimiliki TNI.

Kedekatan antara TNI dengan rakyat yang semakin solid. kedepan tidak hanya bersandar pada tekhnologi peralatan perang, namun kita juga harus tetap memelihara dan memantapkan kekuatan pertahanan dengan berbasis kerakyatan. Dengan kegiatan pameran Alutsista ini juga diharapkan akan semakin memantapkan kedekatan antara TNI dengan rakyat, karena dengan rakyat TNI akan semakin kuat dalam menjaga kedaulatan Negara dan keutuhan NKRI.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan nilai nasionalisme serta menunjukkan kepatriotan dan keprofesionalitasan, terhadap pelaksanaan amanat yang diberikan oleh masyarakat, yang berupa anggaran dalam pengadaan Alutsista. Disisi lain pameran ini sebagai salah satu pendidikan karakter bagi generasi muda, kita ingin membangun rasa cinta generasi muda terhadap negara dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membangun pertahanan negara bersama. Dirgahayu ke-71 Kemerdekaan Indonesia. Merdeka !!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan