Mohon tunggu...
Muhammad Rizqi Saputra
Muhammad Rizqi Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa terfavorit di ponorogo yang menyukai apapun itu tentang penulisan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Serunya Matematika! Penerapan Elemen Game yang Bikin Pembelajaran Makin Asyik!

25 Februari 2024   13:14 Diperbarui: 25 Februari 2024   13:32 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mempelajari matematika sering dianggap sebagai petualangan berpikir yang rumit. Padahal, matematika bukan hanya ilmu pasti biasa, tetapi juga alat visual yang keren untuk menunjang perkembangan ilmu lain. Makanya, matematika dikasih julukan "mathematics is king as well as good servant."

Tapi, nggak bisa dipungkiri, belajar matematika tuh sering bikin pusing. Pertemuan sama guru yang terbatas, rumus-rumus yang ribet, dan materi yang abstrak bisa jadi penghalang banget. Nah, biar makin asyik dan efektif, ada solusi kreatif nih, yaitu gamifikasi. Jadi, konsep ini bikin belajar matematika jadi kayak main game, seru dan nggak bikin takut salah!

Misalnya, bayangin aja belajar matematika kayak petualangan seru. Gamifikasi bawa konsep permainan ke pembelajaran, jadi siswa bisa rasain tantangan kayak lagi petualangan seru. Ada sistem poin, level, dan hadiah-hadiah keren yang bikin belajar matematika nggak cuma asyik, tapi juga jadi petualangan yang bikin penasaran.

Ketika siswa lagi kesusahan, gamifikasi memberi kesempatan buat benerin kesalahan tanpa takut gagal. Jadi kayak main game, boleh restart dan bermain ulang. Ini yang bikin gamifikasi beda dan nggak cuma ngajarin konsep matematika, tapi juga ngasih ruang buat tumbuh dan belajar dari kegagalan.

Bukan cuma itu, gamifikasi juga bikin semangat kompetisi tapi yang positif. Jadi, bukan bersaing buat jadi yang paling atas, tapi bersaing buat jadi yang paling baik dari diri sendiri. Dengan semangat kayak gini, gamifikasi bantu banget menciptakan semangat belajar yang positif.

Belajar matematika jadi lebih kreatif dan menyenangkan lewat gamifikasi. Dengan tantangan-tantangan inovatif dan hadiah-hadiah seru, gamifikasi bikin lingkungan belajar jadi menyenangkan. Jadi, nggak cuma belajar, tapi juga enjoy setiap langkahnya.

Nggak cuma itu, gamifikasi juga bangun minat dan keterlibatan siswa. Dengan bikin matematika jadi kayak permainan yang menantang, siswa jadi tertantang dan semangat buat terus belajar. Makanya, gamifikasi jadi kunci buat bikin pembelajaran matematika makin populer di kalangan siswa.

Jadi, dengan memanfaatkan konsep game peran (RPG) dalam pembelajaran, gamifikasi memberikan pengalaman belajar yang seru dan interaktif. Sistem penghargaan, level, dan peringkat bikin belajar matematika jadi nggak cuma menyenangkan, tapi juga efektif. Yang penting, strategi gamifikasi harus sesuai dengan tujuan pendidikan dan bikin keterlibatan siswa makin positif. Dengan gamifikasi, belajar matematika bukan cuma jadi solusi kreatif, tapi juga bikin matematika makin menarik dan efektif buat para siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun