Mohon tunggu...
putri adilah prautami
putri adilah prautami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mahasiswa semester 3 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Problematika Pembelajaran Pasca Pandemi di Indonesia

18 Desember 2022   18:29 Diperbarui: 18 Desember 2022   18:31 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di masa pandemi Covid-19, proses pembelajaran daring mengalami kendala yang dialami baik oleh guru maupun siswa. Perubahan interaksi pembelajaran daring ke daring juga berkontribusi terhadap permasalahan yang muncul. Kebiasaan yang dibentuk oleh siswa dan guru selama puluhan tahun menghasilkan proses adaptasi yang panjang.

Berikut tantangan yang dihadapi selama pembelajaran daring: (1) Media pembelajaran yang digunakan guru dominan monoton sehingga membuat siswa merasa jenuh atau bosan. Kemudian (2) lokasi rumah belum terjangkau jaringan internet, termasuk kuota internet siswa yang minim, (3) pembelajaran dominan belum interaktif, (4) karakter atau perilaku siswa sulit dipantau, ( 5) pembelajaran cenderung berupa tugas online, dan (6) tugas diberikan oleh siswa menumpuk. Kendala lainnya antara lain (7) daya serap materi pelajaran yang sangat terbatas, dan (8) penilaian yang dilakukan guru berupa Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Ujian Sekolah (US) yang tidak memiliki integritas.

Pendidikan memegang peranan penting dalam suatu negara. Namun dalam keadaan seperti itu, penentuan sebuah inovasi sebagai salah satu bentuk upaya mengatasi badai permasalahan tersebut memerlukan pertimbangan yang matang. Prinsip pemerintah untuk pendidikan di Indonesia adalah tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Akibatnya, Indonesia menerapkan sistem pendidikan berbasis sistem belajar di rumah. Hal itu mengacu pada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Agama, Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Tahun Pelajaran 2020/2021 Selama Masa Covid-19. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) digunakan untuk pembelajaran di rumah

Menurut Pasal 1 ayat 15 UU No. 20 Tahun 2003, PJJ adalah pendidikan dimana peserta didik dipisahkan dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar seperti teknologi komunikasi, informasi, dan media lainnya. PJJ dibagi menjadi dua pendekatan dalam pelaksanaannya yaitu pembelajaran jarak jauh online dan pembelajaran jarak jauh offline. Dalam melaksanakan PJJ, satuan pendidikan dapat memilih pendekatan (daring atau luring, atau kombinasi keduanya) berdasarkan karakteristik dan kesiapan sarana dan prasarana.

Transformasi digital merupakan hobi sekaligus bisnis di bidang pendidikan. Kemajuan teknologi yang pesat telah menghasilkan transformasi digital dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Mau tidak mau manusia harus terus menghadapi tantangan kemajuan teknologi dan beradaptasi.

Salah satunya dalam bidang pendidikan. Transformasi digital ini secara bertahap menggantikan kebiasaan dan proses belajar lama dengan yang baru yang lebih efektif dan efisien dalam proses pendidikan. Pengenalan teknologi baru yang menandai awal dari transformasi digital ini akan memberikan angin segar bagi kehidupan manusia. Tidak dapat disangkal bahwa kemajuan sedang terjadi di dunia digital yang semakin canggih, termasuk dunia pendidikan.

Transformasi digital ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi dunia pendidikan. Kegiatan belajar menjadi lebih mudah dan fleksibel untuk diterapkan sebagai hasil dari transformasi digital. Lebih lanjut, tuntutan transformasi digital mengharuskan dunia pendidikan senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi guna meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya penyesuaian penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran

Pendidikan sebagai garda depan kemajuan bangsa harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan dan dinamika dunia global modern, serta tuntutan zaman. Hal ini tentunya diperlukan untuk mengakomodasi dinamika perkembangan zaman yang semakin pesat.

Suatu negara harus mempersiapkan pendidikan sesegera mungkin agar generasi penerus dapat mengikuti perkembangan zaman dan memimpin negara ke arah yang lebih baik. Penguasaan teknologi dapat membantu dalam beradaptasi dengan transformasi digital saat ini dalam pendidikan.

Penguasaan teknologi tidak diragukan lagi memfasilitasi proses pembelajaran dan berkontribusi pada kualitas pendidikan yang lebih tinggi. Alhasil, transformasi digital akan berdampak signifikan terhadap perkembangan komunitas pendidikan serta kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun