Kesehatan

6 Tips Tidur Nyenyak Ketika Berlibur

10 Agustus 2018   12:41 Diperbarui: 10 Agustus 2018   13:03 287 0 0
6 Tips Tidur Nyenyak Ketika Berlibur
hotelroomsearch.net

Aktifitas sehari-hari yang sibuk membuat kita butuh yang namanya liburan. Namun tak jarang momen tidur nyenyak menjadi salah satu hal tersulit saat liburan.

Padahal tidur merupakan hal terpenting yang harus dilakukan setiap hari. Karena dari sini tubuh dan organ-organ dalam tubuh dapat beristirahat setelah kegiatan yang padat.

Berikut ini tips bagaimana cara menikmati tidur nyenyak pada saat liburan yang dikuti dari CNNIndonesia:

1. Buat jadwal tidur dengan bangun yang konsisten

2. Jangan terlalu banyak makan dan minum

3. Makan pada wakti yang tepat

4. Berhenti minum kafein pada pukul 14.00 waktu setempat

5. Usahakan fisik tetap aktif

6. Bersantai sebelum tidur

Memang terkadang tidur di tempat baru menjadi salah satu faktor kita sulit tidur. Meskipun begitu, tidur harus tetap dilakukan ditengah liburan karena tidur memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat yang paling utama adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan tidur yang cukup yaitu 7 hingga 8 jam untuk orang dewasa, dapat terhindar dari risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Kemudian, tidur juga membuat panjang umur. Hal ini dibuktikan oleh periset asal Inggris dan Italia. Fakta yang didapatkan adalah bahwa orang yang tidurnya kurang dari enam jam semalam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen.

Tidur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena saat tidur tubuh akan mengeluarkan senyawa sitokin yang memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh. Dan masih banyak manfaat lain dari tidur.

Untuk itu, manfaatkan momen tidur saat liburan. Karena jika sewaktu liburan tidak menyempatkan diri untuk tidur, maka hanya rasa lelah yang didapatkan saat pulang dari berlibur.