Mohon tunggu...
Puput Indawati
Puput Indawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi PIPS

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembekalan Materi Tanggap Bencana secara Daring untuk Penambahan Pengetahuan bagi Masyarakat Pesisir

19 Juli 2021   11:42 Diperbarui: 19 Juli 2021   12:00 30 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembekalan Materi Tanggap Bencana secara Daring untuk Penambahan Pengetahuan bagi Masyarakat Pesisir
Sumber: Dokpri

Malang- Senin (12/Juli/2021)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoran pada waktu dan daerah tertentu. KKN sendiri merupakan kegiatan intrakurikuler kampus yang menjadi perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan, Penilitian, dan Pengabdian kepada masyarakat. Disini Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM), telah melaksankan salah satu program kerja Sosialisasi Tanggap Bencana sebagai bentuk merepresentasikan salah satu point Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian sebagai bentuk kepedulian kami untuk warga desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang. Setelah dilakukan analisis karena letak secara geografis desa Sumberbening berada di pesisir pantai selatan maka sering terjadi gempa didesa tersebut dan angin kencang. Maka dari itu, soslialisasi tanggap bencana perlu dilakukan sebagai basic pengetahuan dan pembekalan jika seandainya terjadi bencana alam tiba-tiba.

Sumber: Dokpri
Sumber: Dokpri

Tujuan dilaksanakn program ini sebagai bahan pengetahuan tambahan ketika nantinya terjadi bencana alam. Supaya masyarakat setempat bisa menghadapi bencana alam dengan tenang berdasarkan dari pengetahuan yang didapatkan. Karena waktu pelaksanaan program kerja sosialisai tanggap bencana bertepatan dengan munculnya SK PPKM Darurat Jawa-Bali 3-20 juli, maka sosialisai dilakukan secara daring dengan tujuan meminimalisir penyebaran Covid-19 dan mengikuti arahan sesuai dengan peraturan. Jadi output program kerja ini dalam bentuk vidio mengenai Mitigasi Bencana dan PPDG yang langsung dari pihak yang sangat berkompeten dibidangnya yaitu BPBD. Nantinya softfile vidio akan disimpan kedalam CD yang akan dibagikan kepada masyarakat desa sumberbening yang terpilih oleh pemerintah desa sekita 10-15 orang yang akan mendapatkannya.

Dari program ini harapannya bisa bermanfaat untuk masyarakat Desa Sumberbening dan bisa sebagai pengetahuan tambahan untuk menghadapi bencana alam. Karena vidio ini berupa CD yang nantinya dapat diputar kapanpun selain itu untuk warga Desa Sumberbening lainnya bisa mengakses vidio ini akan di upload di Channel Youtube.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN