Mohon tunggu...
E Kumalasari
E Kumalasari Mohon Tunggu... Freelancer - Info Warga

Catatan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Bersiap Belanja Online di Harbonas 2017

16 November 2017   14:17 Diperbarui: 16 November 2017   14:20 1279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menikmati berbelanja online paling enak yaitu bisa bandingkan produk dan harga sesuai yang kita inginkan, dengan melihat toko online yang satu dengan lainnya sehingga lebih banyak pilihan dan saya lebih senang mengincar yang memberikan diskon dan free ongkir dan ada salah satu event yang paling di tunggu bagi penyuka belanja online  yaitu Perhelatan diskon akbar tahunan Harbolnas (Harl Belanja Online Naslonal) yang bakal digelar 12 desember 2017,

Event tahunan yang ke 6 kalinya ini bertemakan #BelanjaOnlineBersama, salah satu mendukung untuk mendukung agenda pemerintah guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka melalui kanal digital dan mampu menjangkau konsumen yang Iebih luas Iagi di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Harbolnas tahun ini memIIiki misi untuk merangkul tidak hanya para ecommerce besar di tanah air, tapi juga para UMKM Indonesia yang telah merambah ke online meIaIui berbagai platform. Di tahun ini juga, Panitia Harbolnas 2017 telah mempersiapkan rangkaian kegiatan dan roadshow bersama menyapa para UMKM di tiga kota di Indonesia yaitu: Medan, Surabaya dan Makassar untuk mempersiapkan mereka dalam menyambut Harbolnas 2017 melalui beberapa pelatihan.

Rudiantara Menteri Kominfo dalam sambutannya menyampaikan, "Pemerlntah menyambut baik Inisiatif teman teman e-commerce untuk menggelar Harbolnas. Meski kepanjangannya adalah HarI Belanja Online Nasional, namun sesungguhnya yang terpenting justru adalah adanya unsur produksi dan distribusi di dalamnya. 

Makin besar nilai transaksi yang terbukukan, akan makin banyak potensi keuntungan atau manfaat para pedagang daring, terutama kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan wirausaha pemula yang merupakan bagian terbesar dari perdagangan cara baru ini. Keberhasilan Harbolnas kemudian akan menjadi inspirasi bagi UMKM seluruh Indonesia untuk Iebih intens memanfaatkan dijitalisasi. Pada gilirannya, ekosistem e-commerce akan makin solid, dan akan meningkatkan kapasitas ekonomi dijital yang kini merupakan bagian paIing menentukan bagi ekonomi nasional secara keseluruhan".

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Harbolnas tahun ini memIIiki misi untuk merangkul tidak hanya para ecommerce besar di tanah air, tapi juga para UMKM Indonesia yang telah merambah ke online meIaIui berbagai platform. Di tahun ini juga, Panitia Harbolnas 2017 telah mempersiapkan rangkaian kegiatan dan roadshow bersama menyapa para UMKM di tiga kota di Indonesia yaitu: Medan, Surabaya dan Makassar untuk mempersiapkan mereka dalam menyambut Harbolnas 2017 melalui beberapa pelatihan. "Dalam perjaIanannya dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan partisipasi konsumen Indonesia saat Harbolnas. Tak hanya itu, tercatat juga jumlah penjualan yang seIaIu meningkat. Dengan persiapan yang maksimal di tahun ini dan bersama dengan mitra-mitra pendukung, tahun ini kami yakin akan terjadi peningkatan Iagi sebanyak dua kali Iipat pada penjualan Harbolnas 2017 nanti", ujarAchmad Alkatiri Ketua Panitia Harbolnas 2017.

Menurut survey Nielsen tercatat nilai total transaksi hingga 3.3 triliun rupiah selama perayaan Harbolnas. Rusdy Sumantri, darl Nielsen Indonesia mengatakan "Selain tingginya angka penjualan di tahun 2016, juga ditemukan fakta-fakta menarik yaitu semakin banyak pengguna internet yang tau tentang HarboInas sekitar 89% pengguna Internet dan tercatat 61% pengguna Internet berbelanja online ketika Harbolnas. Di antara orang yang berbelanja online, 68% mengatakan perangkat mobile (smartphone dan tablet) adalah perangkat utama mereka untuk berbelanja online saat Harbolnas 2016 dan sebesar 87% orang yang beianja online sudah merencanakan apa yang akan dibeli, dengan aktivitas belanja tertinggi terjadi di jam 09.00 15.00 dan 18.00 21.00".

Harbonas ini bakal jadi good experiance  bagi kita sebagai pembeli dan sedikit tips saat  ingin berbelanja online yaitu sebelumnya persiapkan terlebih dahulu yang pertama pilih lah barang yang akan ingin dibeli, biat sedikit catatan agar tidak lupa, setelah itu saat tepat jam 12 malam mulailah berbelanja agar cepat mendapatkan barang yang diinginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun