Imam Punarko
Imam Punarko Guru

seorang pengajar yang belajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pentingnya Orang Tua Membangun Minat Baca

17 April 2018   16:15 Diperbarui: 17 April 2018   17:58 349 0 0

Menumbuhkan minat baca pada anak tidak terlalu sulit, tapi juga tidak terlalu mudah. Anak yang punya kecenderungan mengikuti apa yang dikatakan, apa yang dilakukan, apa yang di lihat dalam kehidupannya dari sekitar akan mudah menyukai minat membaca apabila orang disekitarnya juga memiliki kebiasaan dan minat untuk membaca. 

Namun, apabila disekitar lingkungannya orangtuanya tidak terbiasa membaca tentu akan sulit untuk anak ikut juga mempunyai minat membaca.

Orang tua dinilai tidak sekadar menyodorkan buku saja, namun juga perlu mengambil peran dan terlibat pada baca anak. Orang tua harus bisa memberikan tauladan agar anak memiliki minat dalam membaca buku dan terbiasa dengan hal-hal yang berkaitan dengan literasi.

Ada tiga hal yang setidaknya bisa dilakukan untuk memancing minat baca anak yang sulit ditolak mereka yakni story telling, permainan, hadiah. Story telling mendidik anak untuk mau bercerita, berani mengeluarkan isi pikiran anaknya. 

Coba anak diminta untuk bercerita maka ia akan senang apabila. permainan tidak melulu berkaitan dengan hal-hal diluar rumah atau mainan anak, melainkan dapat juga berkaitan dengan membaca buku, bercerita sambil bermain, dll. 

Terakhir adalah Hadiah, anak mana yang tidak ingin mendapatkan hadiah apalagi dari orang tuanya, tentu hadiah berupa buku akan menyenangkan  anak dan membuat anak semakin baik dalam membaca.

Literasi itu bukan sekadar baca tulis. Justru melalui baca tulis hal itu merupakan gerbang awal untuk memasuki literasi. ya, literasi diartikan membuka wawasan anak dengan literasi, sehingga anak dapat berkembang lebih baik dalam kehidupannya, dan memiliki bekal dalam hidupnya

orang tua juga perlu mengajak anak melakukan diskusi terkait buku yang mereka baca, jadi anak akan merasa apa yang dilakukannya adalah sesuatu yang menarik perhatian orang tuanya.

Psikologis anak selalu ingin mendapatkan perhatian orang tuanya, jadi kesenangan yang besar kalau kita mampu menjadi pendengar yang baik untuk anak kita. sehingga literasi dapat tumbuh dalam diri anak dengan sendirinya.