Mohon tunggu...
puji handoko
puji handoko Mohon Tunggu... laki-laki tulen
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup untuk menulis, meski kadang-kadang berlaku sebaliknya.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Meneladani Para Pahlawan dengan Menebarkan Kebaikan

12 November 2020   14:56 Diperbarui: 12 November 2020   15:09 110 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meneladani Para Pahlawan dengan Menebarkan Kebaikan
foto dok. Pertamina

Untuk meneladani patriotisme para pahlawan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun cara paling utama dan paling umum dilakukan adalah dengan tidak menyia-nyiakan pengorbanan para pahlawan. Hal itu dilakukan dengan mengisi kemerdekaan itu dengan kerja membangun bangsa. Melakukan hal-hal positif termasuk di dalamnya.

Bulan November identik dengan bulan kepahlawanan. Di bulan tersebut terjadi peristiwa bersejarah yaitu pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Itu adalah perang pertama dengan pasukan asing setelah diproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Perang tersebut mengakibatkan gugurnya banyak pahlawan. Sebuah peristiwa besar yang membekas kuat dalam ingatan.

Untuk mengenang peristiwa besar tersebut, juga peristiwa heroik lainnya, banyak kalangan mengadakan syukuran dengan berbagai cara. Ada yang memberikan hadiah, merayakan dengan kegiatan meriah, atau memberikan potongan harga.

Pertamina juga melakukan hal sama. Untuk meluapkan kegembiraan dan memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020, Pertamina menggelar berbagai promo Bahan Bakar Minyak (BBM) pada momen hari pahlawan itu dengan tema, Hidupkan Semangat Djoang.

Promo tersebut berlaku mulai 10 November dan berakhir pada 31 Desember 2020. Pesan yang hendak disampaikan di sana adalah, agar khalayak mengingat jasa para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat.

Dalam kegiatan promo itu, harga spesial diberikan bagi pengguna produk Pertamax Series dan Dex Series. Promo tersebut berlaku dengan cara bertransaksi menggunakan aplikasi MyPertamina. Pengguna produk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite, akan mendapatkan harga lebih hemat sebesar Rp 250/ liter.

"Setelah sebelumnya hanya produk Pertamax, kini pengguna aplikasi MyPertamina juga menikmati Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite dan hemat Rp 250 per liternya untuk pembelian di SPBU Pertamina yang telah terfasilitasi dan terhubung MyPertamina. Pengguna aplikasi MyPertamina dapat menikmati program penawaran spesial ini mulai 10 November hingga 31 Desember 2020," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno, sebagaimana dikutip Detik, 11 November 2020 .

Dengan memanfaatkan promo itu, selain hemat per liternya, pengguna aplikasi MyPertamina juga akan mendapat poin ganda untuk pembelian Pertamax. Poin tersebut akan otomatis masuk ke akun MyPertamina setelah transaksi berhasil. Nantinya poin itu bisa ditukarkan dengan hal-hal menarik.

Tujuan penggunaan aplikasi MyPertamina itu sebenarnya untuk mendorong masyarakat agar menggunakan pembayaran non-tunai. Sedangkan jenis BBM yang diberikan potongan harga itu bertujuan agar masyarakat membiasakan diri menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Sebab BBM dengan jenis Pertamax Series dan Dex Series terbukti lebih ramah lingkungan, selain membuat mesin awet.

Apalagi di masa pandemi yang mengharuskan orang-orang mengubah budaya hidup mereka, salah satunya dengan mengurangi penggunaan uang tunai dan mulai beralih pada transaksi non-tunai. Maka aplikasi MyPertamina itu adalah salah satu solusinya. Dengan begitu masyarakat akan terhindar dari aktivitas yang berpotensi menyebabkan terjadinya penularan virus Corona.

Langkah baik yang dilakukan Pertamina itu tidak hanya untuk memperingati Hari Pahlawan, tapi juga memberikan edukasi langsung ke masyarakat mengenai cara hidup sehat dan perilaku sadar lingkungan. Memanfaatkan momen dengan cerdik seperti itu juga merupakan contoh mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Hal baik yang harus dilakukan oleh semua orang yang telah menikmati kemerdekaan.

Puji Handoko

VIDEO PILIHAN