Mohon tunggu...
Puja Nurmala
Puja Nurmala Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Berlari Meraih Prestasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Diseminasi Masyarakat: SLB Tunjang Anak Berkebutuhan Khusus

3 Oktober 2022   20:41 Diperbarui: 3 Oktober 2022   20:46 96 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Neng Puja Nurmalasari

SLB (Sekolah Luar Biasa) adalah sebuah instansi pendidikan yang diperuntukan khusus untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) agar mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan kebutuhannya.

Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi kehidupan seseorang baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Pendidikan memberikan banyak pengetahuan dan informasi yang akan membuat hidup dan perilaku semakin baik dan semakin mudah. Semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, tidak memandang dari status, agama, suku, ras, maupun golongan tertentu, termasuk untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), Anak berkebutuhan khusus yaitu anak dengan karakteristik berbeda dengan anak pada umumnya yang mengalami kelainan pada mental, emosi, dan fisik. Anak berkebutuhan khusus diantaranya seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan perilaku, anak berbakat, dan anak dengan gangguan kesehatan. Tetapi kenyataannya masih banyak orang yang melihat anak berkebutuhan khusus dengan sebelah mata. 

Di dalam masyarakat anak berkebutuhan khusus sering diabaikan, dicemooh sehingga dianggap tidak berguna. Banyak masyarakat yang berpikir bahwa anak bekebutuhan khusus adalah sebuah aib sehingga anak takut untuk bersosialisasi. Seharusnya kita tidak melakukan hal tersebut, namun sebaliknya kita dapat merangkul dan menerima anak berkebutuhan khusus sama seperti anak normal pada umumnya. Memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan sehingga hak-haknya terpenuhi sebagaimana anak normal lainnya.

Sekolah yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus adalah SLB (Sekolah Luar Biasa) tetapi idak jarang di lingkungan masyarakat yang tidak menyadari akan pentingnya SLB (Sekolah Luar Biasa) untuk anak yang berkebutuhan khusus, akibatnya ada satu atau dua orang anak yang malah dimasukkan ke sekolah biasa pada umumnya sehingga anak tersebut mengalami kesulitan dalam menuntut ilmu. Selain mengalami kesulitan belajar, anak tersebut justru mendapatkan ejekan dan bullying dari teman temannya sehingga kedatangannya ke sekolah bukan mendapatkan banyak kebaikan tetapi justru malah sebaliknya.

Di Sekolah Luar Biasa anak berkebutuhan khusus akan mendapatkan fasilitas yang baik sesuai dengan kebutuhan khususnya begitupun juga akan menemukan teman teman yang tidak jauh seperti dirinya sehingga anak tidak merasa malu dan tidak akan mendapat ejekan, dengan begitu anak akan dengan mudah menuntut ilmu dan akan terbiasa dengan kekhususan yang dia miliki sehingga tidak akan merasa insecure. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan