Mohon tunggu...
Pujakusuma
Pujakusuma Mohon Tunggu... Mari Berbagi

Ojo Dumeh, Tansah Eling Lan Waspodho...

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Kemenangan Gibran dan Bobby Bukan Karena Jokowi

10 Desember 2020   12:25 Diperbarui: 10 Desember 2020   12:29 258 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemenangan Gibran dan Bobby Bukan Karena Jokowi
Bobby dan Gibran yang berhasil memenangkan Pilkada Serentak 2020. Dok tagar.id

Lucu juga membaca sejumlah headline media pagi ini. Setelah proses Pilkada Serentak, sejumlah media berlomba-lomba memberitakan hasil hitung cepat (quick count) Pilkada Serentak di Indonesia.

Yang jadi sorotan, tentu Pilwalkot Medan dan Pilwalkot Surakarta. Bagaimana tidak, di dua ajang kontestasi itu, calon Wali Kotanya adalah Anak dan Menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution.

Jauh sebelum genderang perang pesta demokrasi ditabuh, kemunculan rockie dalam dunia politik ini memang hangat diperbincangkan. Sosok Gibran dan Bobby dinilai hanya mendompleng ketenaran bapak dan mertuanya, yang tak lain adalah orang nomor satu di Indonesia.

Nyanyian sumbang alias nyinyir terus menggema dengan majunya putra dan menantu Jokowi itu. Semua mengaitkan dengan adanya dinasti politik, dan menganggapnya hal yang tidak elok. Padahal dalam undang-undang, tak ada larangan setiap orang untuk maju dalam kontestasi politik, meskipun ia anak dan menantu presiden.

Meski dihantam isu-isu tak sedap, toh partai penguasa di republik ini, PDI Perjuangan mantab menarungkan Gibran dan Bobby dalam Pilkada Serentak 2020 yang telah usai, 9 Desember kemarin. Hasilnya mengejutkan, duo rockie itu berhasil meraih suara terbanyak dibanding lawan-lawan politiknya.

Dari hasil hitung cepat versi Charta Politika dan Populi Center, putra sulung Jokowi berhasil menang telak dengan perolehan suara 87,15%. Sementara Bobby mengalahkan pesaingnya dengan meraup suara 55,29%. Meski hasil itu baru sekedar quick count, namun sudah bisa dipastikan keduanya bakal menduduki singgasana Wali Kota Surakarta dan Wali Kota Medan.

Orang-orang yang nyinyir dengan majunya Gibran dan Bobby langsung tersentak. Meski begitu, sepertinya mereka masih tak rela anak dan menantu Jokowi itu menang dalam kontestasi. Alhasil, media-media memilih judul yang cukup bombastis dan kontroversi.

Kumparan misalnya, judul berita hari ini menuliskan Jokowi-Gibran-Bobby Buat Rekor Baru: Bapak Presiden, Anak dan Menantu Wali Kota. Sementara Tempo, membuat judul yang lebih mengerikan. Cover Tempo hari ini bergambar Jokowi dan Iriana Jokowi sedang menggandeng Gibran dan Bobby dengan senyum yang bahagia. Judulnya pun sangat mengejutkan, yakni 'Keluarga Berjaya'.

Jangan Sangkutkan Dengan Jokowi

Kemenangan Gibran dan Bobby dalam Pilkada Serentak di Surakarta dan Medan tentu buah manis dari persiapan-persiapan matang. Tak etis jika menilai kemenangan Gibran dan Bobby hanya karena Jokowi, yang kebetulan sedang menjabat sebagai Presiden RI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x