Mohon tunggu...
Prycilia Grace Nicole Suoth
Prycilia Grace Nicole Suoth Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Massa dan Digital

Penulis pemula yang mencoba peruntungannya di dunia digital. Kritik dan saran akan sangat berarti bagi saya. Selamat membaca! | e-mail: pgracens@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Internet dan Jurnalisme Online

1 September 2020   13:12 Diperbarui: 1 September 2020   13:07 173 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Digitalisasi jurnalisme telah menghantarkan online journalism menjadi bintang dari media pada era ini. Namun bagaimanakah proses jurnalisme online itu pertama kali lahir dan berkembang hingga seperti sekarang?

Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menyediakan akses layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi dan menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan melalui Internet protocol suite kepada pengguna berbagai perangkat di seluruh dunia.

Pada abad ke-19 sebelum internet digital muncul dan dikenal, telah ada sebuah system komunikasi pertama yang menggunakan konsep digital yaitu telegraf.

Sistem komunikasi yang mengusung konsep komunikasi data dan transmisi data sederhana itulah yang kemudian menjadi pemicu awal pengembangan internet.

Pada bulan Oktober 1962, Seorang pelopor dalam perkembangan jaringan global bernama JCR Licklider dipekerjakan oleh Jack Ruina selaku Direktur dari Information Processing Techniques (IPTO) yang merupakan bagian dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Licklider diberikan tugas untuk menghubungkan komputer utama Departemen Pertahanan Amerika Serikat di pegunungan Cheyenne, Pentagon, dengan SAC HQ.

Jurnalisme online adalah jurnalisme yang memanfaatkan internet sebagai medianya dan computer sebagai perangkatnya sehingga dapat diakses secara global dan disusun dengan lebih mudah.

Jurnalisme online atau online journalism merupakan versi yang diperbaharui dari jurnalisme konvensional dan jurnalistik penyiaran akibat perkembangan teknologi yang terus terjadi.

Para pelaku bidang jurnalisme harus dapat beradaptasi dan mengembangkan medianya jika ingin tetap bertahan di tengah perkembangan teknologi dengan audience yang berubah perilakunya.

Departemen Jurnalisme University of Florida pada tahun 1993 meluncurkan sebuah situs web yang dianggap sebagai realisasi perdana dari jurnalisme online.

Situs web yang dibuat masih sangat sederhana dan isinya diperbaharui hanya pada saat malam atau di akhir pekan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan