Mohon tunggu...
Priyantarno Muhammad
Priyantarno Muhammad Mohon Tunggu... Lainnya - menulis buat healing

abdi negara yang mencoba bepikir sederhana demi kebaikan negara

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ibu yang Bekerja, Inspirasi Perempuan Indonesia

29 November 2022   12:06 Diperbarui: 29 November 2022   12:11 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Terlahir dalam bentuk tubuh seorang perempuan tidak membuat dirimu terkungkung dalam tempurung berbentuk sumur, dapur dan kasur, terlahir dalam tubuh perempuan membuatmu menjadi istimewa karena kehidupan lahir dari rahimmu, dan kesuksesan anak manusia berasal dari buaianmu. Perempuan adalah inspirasi bagi dunia

Indonesia selalu melahirkan sosok perempuan yang dapat menjadi inspirasi sebut saja Raden Ajeng Kartini, Raden Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan hingga kini kita dapat menuliskan sososk perempuan-perempuan hebat seperti Sri Mulyani Indrawati dan Susi Pudjiastuti, apakah kesamaan mereka?

Mari mengambil dua contoh dari sosok hebat perempuan ndonesia yang kiprahnya masih dapat kita lihat di masa sekarang ini:

  • Sri Mulyani Indrawati

Perempuan kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962 ini adalah seorang tokoh perempuan yang mencurahkan apa yang dia bisa. Sosok perempuan yang lahir dari pasangan suami istri Prof.Satmoko dan Prof Retno Sriningsih, kedua orang tua Sri Mulyani Indrawati adalah guru besar, sehingga wajar Sri Mulyani Indrawati tumbuh menjadi sosok yang mengutamakan pendidikan menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Indonesia dan gelar master dan doctor pada University Illinois at Urbana-Champaign membawanya menjadi salah satu pemimpin indonesia, dan seorang ekonom handal, disamping itu sosok Sri Mulyani Indrawati dikenal juga sebagai seorang ibu yang dekat dengan keluarga, jika kita melihat Instagram ibu Sri Mulyani anda akan melihat bagaimana ibu Sri Mulyani Indrawati selain selalu hadir dalam acara penting kenegaraan, dia juga selalu hadir dalam acara keluarga, ibu Sri Mulyani Indrawati ialah sosok yang mencintai keluarga.

  • Susi Pudjiastuti

Perempuan yang tekenal dengan gaya khasnya yang nyentrik dan berbeda dari tokoh perempuan yang lain. Susi Pudjiastuti lahir 15 januari 1965, ibu Susi Pudjiastuti adalah sosok perempuan yang kuat dan terlahir dari keluarga kaya di Jawa Tengah. Ibu Susi Pudjiastuti merupakan keturunan Haji Ireng, seorang tuan tanah dan anak dari Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Laswina yang merupakan pengusaha ternak. Hal ini tidak membuat Susi Pudjiastuti hanya duduk dan menikmati zona nyaman itu, dia memilih menjual semua perhiasannya dan dengan modal hasil jualan perhiasan tersebut sebesar Rp.750.000,- Susi Pudjiastuti memulai usahanya.Kini Ibu Susi Pudjiastuti menjadi sosok pengusaha perempuan hebat di Indonesia. Apa yang membuatnya sanggup menggapai itu, jika melihat foto-fotonya di media sosial maka kita dapat tahu begitu cinta dia terhadap keluarga khususnya anak-anak dan orang-orang sekitarnya, nampak jelas usaha yang dia bangun ini untuk masyarakat sekitarnya dan keluarga yang dia cintai.

Dua contoh tipe perempuan yang menjadi inspirasi di atas memiliki beberapa kesamaan:

  • Mereka terlahir dari keluarga berada namun tidak mau berada pada zona nyaman hanya menikmati hasil tetapi memperjuangkan yang terbaik yang mereka bisa yakni melalui bekerja dan berbuat lebih demi masa depan yang lebih baik.
  • Keluarga adalah sumber kekuatan mereka, sehingga sesibuk apapun mereka kita dapat melihat bahwa mereka selalu berusaha menciptakan hubungan penuh cinta kasih dengan keluarga dan orang-orang sekitar mereka.

Sesuai dengan gambaran di atas,siapa kira-kira tokoh perempuan yang dapat menjadi inspirasi bagi perempuan indonesia yang lahir di era milineal dan setelahnya?.Perempuan yang terlahir di tahun 80-90an menghadapi masalah yang pelik, mereka dihadapkan pada beberapa pilihan yang semuanya baik, menjadi ibu rumah tangga, atau menjadi seorang pekerja, seperti tren di negara-negara maju. Sebagai seorang perempuan yang kemudian diberi tugas tambahan melahirkan anak-anak dari rahimnya, jelas ada beban bagaimana menciptakan masa depan yang baik buat orang-orang yang mereka cintai. Hal ini membuat mereka mesti melakukan sesutu yang lebih namun tetap merekatkan orang-orang yang mereka cintai.

Oleh karena itu saya pikir mereka yang seharusnya menjadi perempuan inspirasi indonesia, ialah para ibu yang bekerja demi kelangsungan dan masa depan keluarganya, kenapa? Berikut beberapa hal yang menurut saya patut menjadikan mereka inspirasi:

  • Perempuan hebat inilah yang paling pertama bangun di pagi hari, mempersiapkan segala sesuatu buat orang-orang yang mereka cintai, memastikan bahwa mereka siap melewati hari ini.
  • Setelah melewati poin a di atas mereka mesti masuk ke dalam dunia kerja yang jelas begitu banyak tekanan, dan mereka mesti bertahan dan melewati itu semua
  • Selesai melewati tekanan kerja, para perempuan hebat ini akan pulang ke rumah, namun bukan untuk langsung beristirahat, mereka mesti langsung menyiapkan segala sesuatunya, dari mengecek kegiatan anak-anak hari ini, mempersiapkan makan malam, melayani suami dan sebelum tidur mereka masih berpikir masak apa buat sarapan besok pagi.

Jika melihat poin-poin di atas, maka saya yakin perempuan yang dapat menjadi inspirasi perempuan indonesia ialah perempuan-perempuan hebat ini, mereka yang membagi pikirannya ke keluarga dan dunia kerja namun tetap mencintai keluarganya dengan sepenih hati.

Hormat saya kepada seluruh perempuan hebat Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun