Dr. Priscilla Johanna
Dr. Priscilla Johanna

I'm single and very happy :). Full time Doctor Go Dok Indonesia. Ingin baca tulisan saya? Luangkan waktumu dan baca di www.go-dok.com.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan highlight

Makanan Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes

21 April 2017   09:30 Diperbarui: 21 April 2017   09:33 900 3 2
Makanan Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes
Source: go-dok.com

GoDok - Bagi orang Indonesia, nasi merupakan panganan pokok yang tidak bisa dicoret dari menu makanan sehari-hari.  Padahal, kadar indeks glikemik (IG) yang terkandung dalam nasi cukup tinggi, lho, yaitu sekitar 88 – 89. Nah, kandungan IG yang tinggi ini ternyata dapat menaikkan kadar gula darah. Oleh karenanya, para penderita diabetes tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengonsumsi nasi.

Lalu, apa sumber karbohidrat selain nasi yang dapat dikonsumsi oleh Anda yang menderita diabetes? Tenang, banyak jalan menuju roma, banyak pilihan karbohidrat selain nasi biasa. Penasaran? Jangan khawatir! Berikut saya paparkan poin-poinnya ya: 

1. Kentang

Kentang memiliki jumlah karbohidrat yang lebih sedikit daripada nasi putih. Selain itu, umbi batang yang satu ini juga mengandung vitamin B6, B1, B3, B5, C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi yang bagus untuk tubuh karena berkhasiat untuk membentuk sel darah merah sekaligus mencegah anemia. Bagi Anda penderita diabetes, konsumsi kentang untuk mengganti nasi disarankan sebab dapat menjaga kesehatan jantung, otot, dan saraf; serta mengelola kadar gula tubuh. Hebat, bukan?

2. Gandum/Oat

Gandum dikenal memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah daripada nasi. Selain itu, gandum juga terkenal akan kandungan lemaknya yang rendah, namun tinggi akan protein dan serat. Nah, salah satu jenis gandum yang populer dikonsumsi adalah oatIni dia manfaat oat yang harus Anda ketahui:

  • Mengandung serat larut yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolestrol dan mengendalikan berat badan.
  • Mengandung avenanthramideyaitu antioksidan yang mampu mengurangi kolestrol buruk dan risiko penyakit jantung.
  • Mengandung serat yang berfungsi menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, serat juga mampu mencegah munculnya penyakit kanker.
  • Mengandung beta-glukan yang mampumeningkatkan sistem imun.

3. Jagung

Di beberapa wilayah Indonesia, seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara, jagung lebih umum dikonsumsi sebagai makanan pokok dibanding nasi. Tidak heran, sebab selain rendah kalori, jagung juga mengandung berbagai  jenis vitamin B, seperti  B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Selain itu, jagung juga memiliki IG yang lebih rendah dibanding nasi putih, yaitu hanya sebesar 56. Berniat mengganti nasi dengan jagung? Yuk, kenali beberapa manfaat jagung bagi tubuh!

  • Kandungan seratnya dapat mencegah penyakit wasir dan kanker usus.
  • Memiliki kandungan tiamin dan niacin yang dapat menjaga sel saraf.
  • Mengandung vitamin E yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.
  • Mineral dan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang dan ginjal.
  • Mengandung antioksidan yang mampu mencegah kanker.
  • Menjaga jantung dan kadar kolestrol, serta mencegah anemia.

4. Nasi merah

Anda pastinya sudah sering mendengar bahwa konsumsi nasi merah lebih baik dibanding nasi putih karena kandungan karbohidratnya yang lebih rendah. Lalu, amankah nasi merah dikonsumsi oleh para penderita diabetes? Tenang! Faktanya, nasi merah memiliki IG sebanyak 50 sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Ubi

Ubi mengandung karbohidrat sebanyak 20,1 gram/100 gram sajiannya. Selain itu, kandungan  vitamin A, B1,B5, B6, mangan, magnesium, fosfor, dan kalium di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Itu tadi beberapa sumber karbohidrat yang dapat dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Jadi, mau pilih yang mana?

Yuk, baca tulisan saya seputar kesehatan lainnya di www.go-dok.com