Mohon tunggu...
Prisca IrestiSili
Prisca IrestiSili Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 20 Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Melejitnya Media Digital dan Perkembangan Jurnalisme di Finlandia

19 September 2022   23:04 Diperbarui: 21 September 2022   00:09 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: Microsoft Bing

Teknologi digital yang yang semakin berkembaang merevolusi perangkat kerja jurnalisme, Negara Finlandia menjadi salah satu negara yang sangat sukses dalam jurnalistik dan media digitalnya

Keberadaan teknologi digital yang semakin maju merevolusi peralatan koneksi untuk memungkinkan  mentransmisikan konten dari mana saja yang nantinya akan dipublikasikan di internet. 

Tidak hanya itu perangkat kerja jurnalis berevolusi menjadi lebih canggih seperti kamera video dan kamera mini dan sangat membantu aktivitas jurnalis untuk menghasilkan multimedia dengan kualitas tinggi. (Widodo, 2020 : 30)

Dari segi Sumber Daya Manusia dengan menghasilkan Jurnalis dan reporter multimedia handal. Sekarang dikenal sebagai mojo (mobile journalist)  atau sojo (solo journalist) serta trend jurnalis yang berorientasi pada berita hiperlokal, yang menandai perkembangan Jurnalisme. 

Finlandia menjadi salah satu negara dengan teknologi digital super canggih yang mendapat rangking kedua dalam kehidupan digital. 

Perkembangan internet di Finlandia sangat didukung pemerintah hingga pada tahun 2010 pemerintah mengumumkan bahwa setiap masyarakat Finlandia punya hak akses secara hukum mendapat akses koneksi pita lebar. 

Hal tersebut membuat masyarakat Finlandia memiliki akses terhadap informasi sehingga mempunyai peluang yang sama untuk belajar dan menambah pengetahuan yang amat berguna untuk masa depan negara. 

Perkembangan Jurnalisme Online di Finlandia

sumber : Sindonews
sumber : Sindonews

Surat kabar pertama di Finlandia diterbitkan pada tahun 1771 yang bernama Tidningar utgifne av et Sallskap I Abo. Dimana surat kabar ini merupakan pelopor perkembangan media dan pers di Finlandia. 

Media massa di Finlandia menganut paham demokrasi liberal seperti negaranya sendiri. Kebebasan pers di Finlandia sendiri dijamin dalam Undang-Undang Finnish Press Law 1984 yang dilakukan dengan nilai nilai independensi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun