Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pak Jokowi, Rakyat Sudah Mengibarkan Bendera Putih

19 Juli 2021   07:03 Diperbarui: 19 Juli 2021   07:07 953 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pak Jokowi, Rakyat Sudah Mengibarkan Bendera Putih
Di Indonesia, bendera putih yang berkibar bukan tanda meminta bantuan, tapi sebagai tanda berkabung karena ada kematian (reuters/malaysiakini.com)

Tetangga saya yang biasanya membantu istri menjahit di rumah mengirim pesan:

"Mbak, sampean kapan selesai isolasi mandiri? Dapurku sudah kosong, perlu diisi."

Meski mengirim pesan dengan emoticon nyengir, kami tahu apa yang dirasakan tetangga kami tersebut bertolak belakang. Dia sudah mengibarkan bendera putih, menyerah dan butuh bantuan.

Karena di rumah ada kelebihan beras hasil bantuan tetangga dan sanak saudara, kami pun mengirimkan sebagian beras itu ke tetangga kami. Di dalam karung beras terselip beberapa lembar uang.

Kami sadar, meski kami sendiri butuh pasokan sembako selama isolasi mandiri, tetapi ada tetangga kami yang lebih membutuhkan. Tak sampai hati rasanya bila kami membiarkan mereka merana sementara kami di rumah bergelimang bahan pokok hasil sumbangan.

Saya yakin, ada jutaan warga yang kondisinya sama dengan tetangga saya tersebut: bahan pokok menipis, penghasilan berkurang drastis, sementara ada mulut-mulut yang harus disuapi. Mereka semua sudah mengibarkan bendera putih. 

Gerakan Mengibarkan Bendera Putih di Malaysia

Dalam tulisan terbarunya di situs disway.com, mantan Meneg BUMN Dahlan  Iskan menceritakan fenomena berkibarnya bendera putih di Malaysia. Di masa puncak pandemi, banyak rumah penduduk Malaysia menaikkan bendera putih. Itu sebagai tanda bahwa rumah tersebut tidak mampu lagi membeli kebutuhan hidup dasar mereka: bahan pangan.

Ide pengibaran bendera putih tanda tak mampu ini berasal dari emak pengusaha otomotif, Nik Faizah Nik Othman. Suatu hari Kak Jah, panggilan akrabnya, ingin membantu masyarakat yang jadi korban PPKM Darurat ala Malaysia. Tapi dia sulit memilih mana yang benar-benar memerlukan bantuan.

Akhirnya, terbersit ide untuk memilah penduduk yang benar-benar butuh bantuan dengan meminta mereka mengibarkan bendera putih. Kak Jah lantas memosting ide tersebut di media sosial.

"Saya kaget. Dalam satu malam muncul 20.000 tanggapan," katanya di The Star Malaysia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x