Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Ganti Nutrisi yang Hilang Saat Berpuasa dengan 3 Kebaikan KOJIMA

20 April 2021   08:53 Diperbarui: 20 April 2021   08:58 299 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ganti Nutrisi yang Hilang Saat Berpuasa dengan 3 Kebaikan KOJIMA
KOJIMA efektif meningkatkan daya tahan tubuh dan mengganti nutrisi yang hilang saat berpuasa (dok.pri)

Puasa di bulan Ramadan bukanlah ajang balas dendam. Begitu masuk waktu maghrib, kita wajib segera berbuka. Tapi, tidak ada perintah untuk segera memakan hidangan yang berat-berat seperti orang yang tidak pernah melihat makanan berhari-hari.

Allah berfirman, "Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan" (QS Al-A'raf: 31)

Dalam beberapa hadis sahih, Rasulullah Saw memberikan contoh bagaimana adab berpuasa yang benar. Beliau berbuka puasa dengan makanan yang sangat sedikit berupa beberapa butir korma (selanjutnya disebut kurma). Cara makan dan minum beliau juga sangat tenang dan santun, bahkan boleh dikatakan khusyuk.

Dari Anas bin Malik r.a, beliau berkata,

"Rasulullah Saw berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air" (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Urutan dari tuntunan Rasulullah adalah kita dianjurkan untuk berbuka dengan kurma basah (ruthab), dan bila tidak ada dengan kurma kering (tamr), dan bila tidak ada cukup dengan minum air (segar).

Kebaikan Kurma

Saat berpuasa, tubuh kita kekurangan asupan gula dan nutrisi sehingga menyebabkan tubuh terasa lemas. Dikutip dari doktersehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kurma memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang aman bagi kesehatan. 

Kurma juga mengandung jumlah tinggi senyawa fenolik dan karotenoid yang mendukung sistem kekebalan tubuh berkat efek antimikroba dan antioksidannya. Mengonsumsi beberapa butir kurma bisa menjadi pilihan yang baik saat berbuka puasa, meskipun tentu saja ada baiknya kita mencukupi kebutuhan air putih terlebih dahulu demi menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mengatasi dehidrasi.

Bisa kita lihat, anjuran Rasulullah Saw untuk berbuka puasa dengan kurma, atau bila tidak ada cukup dengan seteguk air sudah tepat secara ilmiah. Kita tidak dianjurkan untuk langsung mengonsumsi minuman yang terlalu manis atau makanan berat karena tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Selain kurma, salah satu pilihan yang tepat sebagai takjil atau pembuka puasa adalah KOJIMA, madu dengan 3 kebaikan yaitu korma, jinten (habbatussauda) dan madu.

Kebaikan Madu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN