Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Ghosting dan Untung Rugi Menjadi Ghost Writer

1 Maret 2021   08:16 Diperbarui: 3 Maret 2021   22:51 3239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dari sudut etimologi atau akar kata, ghosting dan ghost writer memiliki keterkaitan (ilustrasi: unsplash.com/Tyler Franta)

Eh, apa hubungannya ghosting dengan ghost writer?

Perilaku ghosting memang tidak ada hubungannya secara langsung dengan profesi yang disebut ghost writer

Secara terminologi saja jelas berbeda. Tapi kalau kita melihatnya dari sudut etimologi atau akar katanya, ghosting dan ghost writer punya keterkaitan.

Keduanya berasal dari kata ghost atau hantu. Menurut kamus Oxford, ghosting adalah praktik mengakhiri hubungan pribadi dengan seseorang secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan menarik diri dari semua bentuk komunikasi.

Lebih jelasnya lagi, Wikipedia mengatakan ghosting adalah tindakan memutuskan hubungan (seringkali hubungan yang intim) dengan menghentikan semua komunikasi dan kontak dengan pasangan tanpa peringatan atau justifikasi yang jelas, serta mengabaikan upaya pasangan untuk menjangkau atau berkomunikasi.

Sederhananya: pasanganmu tiba-tiba menghilang. Ditelpon cuma terdengar nada tunggu, di-WhatsApp cuma centang abu-abu.

Tapi tunggu dulu, tulisan ini tak hendak membahas lebih mendetail tentang ghosting. Kalau kamu penasaran, kamu bisa membacanya di artikel tentang fenomena ghosting yang sudah kutulis jauh-jauh bulan sebelumnya.

Ghost Writer, Profesi yang Sangat Misterius

Kali ini, aku ingin membahas apa itu ghost writer dan untung ruginya. Seperti halnya ghosting, profesi ghost writer bisa dikatakan profesi bayangan: ada namun tak bisa dirasakan.

Namanya juga ghost writer, sudah pasti sosoknya tidak terlihat. Namun meski tidak terlihat, percayalah ada banyak penulis yang mendapat penghasilan sah (lagi halal) dengan menjadi ghost writer. Berapa banyak?

Dari sekian ribu penulis di Kompasiana, dan sekian juta penulis di seluruh dunia, berapa banyak yang menjadi ghost writer?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun