Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Buatlah Judul yang Seksi, tapi Jangan Mengumbar Keseksian Orang

14 September 2020   20:00 Diperbarui: 14 September 2020   20:08 208 32 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buatlah Judul yang Seksi, tapi Jangan Mengumbar Keseksian Orang
Di era media digital, judul menjadi faktor utama dan penentu sebuah artikel akan diklik pembaca (ilustrasi diolah dari Canva)

Lagi-lagi gundah. Beberapa teman Kompasianer menyoroti sebuah artikel dengan judul yang dianggap berbau sexual abuse atau pelecehan seksual terhadap sosok Rahayu Saraswati, politikus Partai Gerindra yang saat ini tengah mengikuti kontestasi pilkada Tangerang Selatan.

Artikel yang dimaksud mulanya berjudul Ponakan Prabowo: Mungkinkah Karir Politiknya akan Semulus Pahanya? Dilengkapi dengan foto wajah cantik yang bersangkutan.

Setelah menuai banyak nilai "Tidak Menarik" dari pembaca, artikel tersebut sempat berganti judul "Karier Politik Rahayu Saraswati". Sekarang, artikelnya sudah dihapus oleh penulisnya sebagai bentuk permintaan maaf dan tanggung jawab moral sang penulis.

Memang, setiap tulisan yang dimuat di Kompasiana menjadi tanggung jawab pribadi penulisnya. Tapi sebagai platform yang mewadahi, Kompasiana juga bakal kecipratan getahnya jika ada tulisan yang dianggap melecehkan nama baik seseorang.

Apalagi Rahayu Saraswati bukan orang asing bagi Kompasiana. Di acara Kompasianival 2019, Rahayu Saraswati diundang Kompasiana menjadi salah satu narasumber utama.

Ok, lupakan saja artikelnya. Lebih baik kita ambil pelajaran. Seperti yang dikatakan mas Khrisna Pabichara, "Sensasi demi satu klik boleh, tetapi jangan seburuk dan sebusuk itu."

Membuat artikel dengan judul yang seksi dan sensasional silahkan, tapi jangan karena demi mengejar viralitas kita jadi lupa etika dan kesopanan.

"8 dari 10 orang akan membaca judul artikel kita, tetapi hanya 2 dari 10 orang yang akan membaca sisa tulisannya" -- Copyblogger

Cara Membuat Judul yang Seksi

Di era media digital, judul menjadi faktor utama dan penentu sebuah artikel akan diklik pembaca. Judul artikel adalah hal pertama (dan mungkin satu-satunya) yang akan dibaca pengunjung di setiap halaman situs.

Fungsi judul ini tak lain sebagai salinan yang membantu pengunjung untuk memutuskan apakah mereka akan membaca terus atau kembali ke Halaman Hasil Mesin Pencari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x