Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengapa Prabowo Tidak Mengenakan Kemeja Putih seperti Jokowi dan Menteri Lainnya?

9 Juli 2020   23:08 Diperbarui: 9 Juli 2020   23:04 195 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Prabowo Tidak Mengenakan Kemeja Putih seperti Jokowi dan Menteri Lainnya?
Ada pesan tersembunyi di balik gaya busana Prabowo yang berbeda dengan Jokowi dan menteri lainnya (dok.Kementan RI melalui laman Facebook Kementan RI)

Silahkan kalian bilang ini tulisan yang kepo banget. Bagiku, gaya busana Prabowo setelah ditunjuk jadi Menteri Pertahanan menarik untuk dicermati.

Sejak terpilih menjadi presiden pada pemilu 2014, Jokowi selalu mengenakan kemeja putih. Gaya pakaian Jokowi ini kemudian menjadi identitas tak resmi, baik itu bagi Jokowi maupun bagi pendukungnya.

Untuk "menguatkan identitas" tersebut, Menteri Dalam Negeri Kabinet Indonesia Bersatu periode 2014-2019, Tjahyo Kumolo bahkan sampai membuat aturan yang mewajibkan semua ASN mengenakan kemeja putih setiap hari Rabu. Peraturan itu tertuang dalam Permendagri Nomor 6 Tahun 2016. Terhitung mulai Februari 2016, penggunaan seragam dinas untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemendagri dan Pemerintah Daerah telah diatur sebagai berikut: a. pada Senin--Selasa pakaian dinas krem; b. Rabu kemeja putih; dan c. Kamis--Jumat menggunakan batik.

Mengenai alasan di balik peraturan kemeja putih tersebut, Tjahyo Kumolo mengatakan hal itu mencerminkan kebersihan. Sementara Kepala Biro Hukum Kemendagri Widodo Sigit Pudjianto mengatakan, instansinya hanya menerjemahkan apa yang menjadi kehendak Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal revolusi mental. Makanya aparatur Pemerintah daerah juga harus menerapkan sistem tersebut. Upayanya adalah dengan memberikan simbol pada pakaiannya.

Kemeja Putih Menjadi Identitas Tak Resmi Dari Jokowi dan Kabinet Pemerintahannya

Kemeja putih atau baju putih kemudian menjadi simbol tak resmi dari Jokowi dan pendukungnya. Pada pemilu serentak 2019 lalu, kemeja putih juga sempat menuai kontroversi. Penyebabnya, tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf menghimbau pendukungnya untuk datang ke TPS dengan mengenakan kemeja putih. Himbauan ini menuai polemik karena dikhawatirkan dapat menyebabkan gesekan dengan pendukung Prabowo-Sandi.

Setelah terpilih kembali menjadi presiden, Jokowi melanjutkan kebiasaannya mengenakan kemeja putih. Bahkan semua pembantunya dalam pemerintahan, mulai dari menteri hingga staf khusus presiden juga mengikuti gaya Jokowi.

Namun, hal ini rupanya tidak berlaku bagi Prabowo. Sejak ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo tak pernah terlihat mengenakan kemeja putih. Prabowo memilih kemeja krem yang-seperti halnya Jokowi- sepertinya sudah menjadi trade mark tersendiri bagi dirinya.

Seperti yang bisa kita lihat saat Prabowo bersama Jokowi dan beberapa menteri serta pejabat tinggi lainnya meninjau langsung lokasi lahan rawa pengembangan food estate, lumbung pangan dan saluran primer induk UPT A5 hari ini, di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Dalam kunjungan tersebut, baik Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo kompak mengenakan kemeja putih. Sedangkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengenakan kemeja batik lengan panjang.

Akan halnya Prabowo, mantan calon presiden ini mengenakan "baju kebesarannya", kemeja lengan panjang bersaku empat berwarna krem.

Pesan Tersembunyi di Balik Gaya Busana Prabowo yang Berbeda

Lalu, apa yang menarik dari pilihan busana Prabowo yang tidak pernah mengenakan kemeja putih lengan panjang seperti Jokowi dan para menteri lainnya?

Menurutku, ini adalah bentuk eksistensi pribadi Prabowo itu sendiri. Dengan tidak mengenakan kemeja putih meniru Jokowi, Prabowo menegaskan dirinya masih tetap Prabowo yang sama. Prabowo seolah ingin menunjukkan bahwa dia boleh diangkat menjadi Menteri Pertahanan yang notabene pembantu dari Jokowi. Namun, dia tidak ingin meniru Jokowi. Dia tetap Prabowo Subianto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN