Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Menjadi Pembicara Seminar Nasional

11 Desember 2019   13:28 Diperbarui: 11 Desember 2019   13:26 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penulis saat menjadi pembicara di Seminar Nasional Marketing Fair Politeknik Negeri Malang (dokpri)

Terus terang, saya tidak tahu apa ukurannya sebuah seminar bisa disebut Seminar Nasional. Apakah itu karena faktor pembicara yang harus menghadirkan tokoh nasional, atau dari segi pesertanya, minimal ratusan orang.

Begitulah, tiba-tiba saya didapuk untuk menjadi pembicara di Seminar Nasional dalam rangka Marketing Fair yang diselenggarakan Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada 6 November 2019.

Satu bulan sebelumnya, saya dihubungi Mas Henry, koordinator Gapura Digital wilayah Malang. Saya diminta untuk mengisi kelas partnership pelatihan Digital Marketing di Polinema. Waktu itu saya mengira ini kelas pelatihan biasa yang diselenggarakan pihak luar menggandeng Gapura Digital sebagai pengisi materinya.

Namun, dua minggu sebelum hari H, akun Instagram saya ditandai pada postingan berisi poster dengan tajuk sangat mencolok: Seminar Nasional: Create Your Own Business and Be a Succesfull Young Enterpreneur. Foto saya disandingkan dengan pembicara utama Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang sekarang menjadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Timur.

poster Seminar Nasional (dokpri)
poster Seminar Nasional (dokpri)

Kaget, saya lalu menghubungi Mas Henry untuk mengonfirmasi.

"Mas, untuk pelatihan di Polinema itu kelas pelatihan biasa ya?"

"Iya Mas, kenapa?" jawab Mas Henry.

"Lha, ini saya kok ditandai di Instagram, ada poster tentang seminar nasional dan saya jadi salah satu pembicaranya. Mas Henry sudah tahu?" tanya sama sambil mengirim screenshot poster di Instagram.

"Belum. Coba saya konfirmasi sama panitianya dulu."

Tak lama kemudian, Mas Henry membenarkan bahwa acara di Polinema nanti memang seminar nasional, bukan kelas pelatihan seperti biasanya. Menurut panitia, pesertanya mahasiswa dengan jumlah sekitar 300 orang!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun