Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money

BANGGA dari Bank Ganesha Lebih dari Sekadar Aplikasi Perbankan Biasa

20 Mei 2018   20:39 Diperbarui: 20 Mei 2018   21:07 988
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi tampilan aplikasi BANGGA (bankganesha.co.id)

Era digital dalam sektor perbankan ditandai dengan kehadiran Financial Technology (FinTech). Istilah ini didefinisikan sebagai "inovasi dalam layanan keuangan". 

Signifikansi FinTech muncul seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi serta tuntutan hidup yang serba cepat. Oleh Google, generasi yang mengedepankan teknologi dalam setiap sendi kehidupan mereka disebut sebagai Next Billion User, generasi miliar pengguna internet berikutnya.

Mereka adalah generasi yang berharap semua hal termasuk transaksi perbankan serba terkomputasi dan bisa dilakukan kapan saja dimana saja. Bagi mereka, setiap pelayanan setidaknya bisa diakses melalui smartphone, yang sekaligus berfungsi ganda sebagai alat tontonan, dompet, kelas, hingga portal berita.

Sebagian besar kalangan ekonomi menganggap kehadiran FinTech mampu menggantikan peran lembaga keuangan formal seperti bank. 

Meski begitu, seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, lembaga keuangan formal atau bank secara perlahan mampu menyesuaikan diri dengan mengembangkan berbagai layanan yang diharapkan bisa mengakomodir gaya hidup pengguna jasa mereka. Salah satunya adalah dengan mengembangkan aplikasi mobile untuk membantu pelayanan jasa konvensional mereka.

Bank Ganesha termasuk salah satu bank yang mengerti akan pentingnya penggunaan teknologi keuangan untuk membantu transaksi jual beli dan sistem pembayaran nasabah menjadi lebih efisien dan ekonomis namun tetap efektif. 

Melalui aplikasi BANGGA, Bank Ganesha membuktikan diri bahwa lembaga keuangan konvensional seperti bank bisa memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan tuntutan gaya hidup nasabahnya.

Bank Ganesha berdiri sejak tahun 1990 dan mulai beroperasi sejak tanggal 30 April 1992. Bank Ganesha mendapat ijin usaha sebagai bank umum dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam SK No.393/KMK-013/1992 tanggal 14 April 1992, dan pada tahun 1995 status Bank Ganesha mendapatkan persetujuan menjadi Bank Devisa, sesuai SK Bank Indonesia No.28/66/KEP/DIR tanggal 12 September 1995. Saat ini Bank Ganesha berkantor pusat di Jl. Hayam Wuruk No. 8 Jakarta Pusat.

Lebih dari sekedar Aplikasi Perbankan Biasa

Aplikasi BANGGA bukanlah aplikasi perbankan biasa. BANGGA adalah satu-satunya aplikasi perbankan yang dilengkapi fitur feed dan games. Sebelumnya, kita harus mengaktifkan terlebih dahulu akun BANGGA, tentunya dengan menjadi nasabah Bank Ganesha. Setelah mengunduh aplikasi ini di playstore, kita bisa mendaftar melalui menu G-online dengan memasukkan nomor HP, nomor rekening dan pin ATM. Setelah registrasi berhasil, kita mengikuti proses aktivasi hingga selesai.

Menariknya dari aplikasi BANGGA ini adalah untuk mengecek saldo kita tidak perlu masuk atau login seperti pada aplikasi perbankan lainnya. Berapa saldo rekening di Bank Ganesha bisa kita cek hanya dengan satu kali sentuhan, yang ada di menu G-online dengan memencet tombol Tap For Balance. 

Selain itu, menu Login yang ada di bagian bawahnya mempunyai pilihan login dengan menggunakan sidik jari. Canggih kan? Ini sangat berguna jika sekali waktu gawai yang ada aplikasi BANGGA ini hilang. Dengan login sidik jari, orang lain tidak akan bisa mengakses menu layanan apapun di aplikasi yang sudah tertanam di gawai tersebut. Menu G-online juga memuat fitur mutasi rekening, transfer dana, pembelian, pembayaran, Top Up G-money dan perpesanan.

Pada menu feed, kita bisa membaca berbagai informasi menarik, tak hanya seputar dunia perbankan saja. Di fitur yang terletak di pojok kiri bawah ini, kita bisa membaca artikel singkat yang bermanfaat, seperti tips mengelola keuangan. Dan di bulan Ramadan ini ada artikel tentang persiapan menyambut Ramadan.

Fitur Feed juga dilengkapi berbagai macam voucher diskon yang bisa kita dapatkan sebagai nasabah Bank Ganesha. Cukup dengan menekan tombol Get Voucher di menu Promo, kita bisa memperoleh aneka voucher diskon dari mitra Bank Ganesha.

Yang membuat aplikasi ini sangat berbeda dengan aplikasi perbankan lainnya adalah adanya menu donasi. Lewat menu ini, kita bisa ikut menyumbang pada kegiatan atau isu-isu kemanusiaan yang sedang terjadi. Adanya menu donasi ini juga menjadi bukti kepedulian Bank Ganesha terhadap isu kemanusiaan dan komitmen Bank Ganesha untuk mengajak serta nasabah untuk ikut peduli dengan sesama. Hingga bulan ini misalnya, Bank Ganesha mengajak kita untuk membantu penduduk Rohingya pasca Badai Siklon.

Kemudahan Transaksi Keuangan dalam satu aplikasi

Sebagaimana startup FinTech lain yang memudahkan setiap pengguna untuk melakukan pembayaran apapun dalam satu sentuhan, Bank Ganesha juga menyediakan hal aplikasi serupa. Namanya G-money. Kita tidak perlu repot mencarinya di play store karena melalui dengan menyentuh menu G-money di aplikasi BANGGA kita bisa langsung menuju lokasi G-money. Untuk menggunakan fitur layanan G-money, tentunya kita harus menginstalnya terlebih dahulu di gawai yang sama.

Dengan menu G-money, nasabah Bank Ganesha bisa melakukan  berbagai transaksi keuangan dalam satu pintu. Mulai dari isi pulsa, bayar tagihan listrik, telepon dan Air/PDAM hingga cicilan dan asuransi. Tak hanya itu, lewat G-money nasabah juga bisa berbelanja secara online di beberapa merchant pilihan, serta tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM.

Secara keseluruhan, aplikasi BANGGA dan G-money membantu transaksi jual beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien dan ekonomis namun tetap efektif. Kedua aplikasi ini juga ringan, tidak memakan ruang dari gawai yang kita miliki. Lebih dari itu, waktu muatnya juga terbilang cepat, sehingga cocok dengan gaya hidup generasi milenial yang menginginkan setiap transaksi yang terkomputasi bisa dilayani secara cepat dan tepat.

Meski tergolong baru, Bank Ganesha berkomitmen untuk terus berkembang. Sampai pada tahun 2017, Bank Ganesha telah memiliki jaringan kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan. Selain itu Bank Ganesha juga telah memiliki mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama.

Tertarik untuk menjadi nasabah Bank Ganesha? Datang saja langsung ke kantor pusat Bank Ganesha di Jl. Hayam Wuruk No. 8 Jakarta Pusat, atau di kantor-kantor cabang Bank Ganesha terdekat. Atau kita bisa menghubungi layanan contact center di nomor hotline 1500-169.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun