Mohon tunggu...
Andi Mirati Primasari
Andi Mirati Primasari Mohon Tunggu... Full Time Blogger - i love reading and writing.. thanks Kompasiana, sudah menjadi langkah awal saya untuk mulai ngeblog..

Lahir dan besar di Makassar, dan saat ini menetap di Jakarta menjalani kesibukan sebagai seorang istri merangkap karyawati swasta.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Explore Wonderful Indonesia di Likupang, Terpikat Eksotisme Pantai dan Sedapnya Sajian Kuliner

23 Februari 2022   12:29 Diperbarui: 23 Februari 2022   12:47 306 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keindahan Pantai Likupang (sumber gambar: Kemenparekraf)

Kangen travelling tapi masih mikir mau ke mana? kenapa gak ke Likupang aja? Destinasi wisata yg berada di Sulawesi Utara ini punya keindahan alam yg sangat indah, siap2 terpikat sama pesona pantai dan kehidupan bawah lautnya, berpadu dengan eksotisme perbukitan hijau di sekitarnya, jarang banget ditemukan di tempat lain.. gak heran, pemerintah melalui Kemenparekraf/Baparekraf membuat Likupang menjadi satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) bersama Labuan Bajo, Toba, Borobudur, dan Mandalika.

Sebagai informasi, Likupang merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Luasnya sekitar 200 hektare, memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih. 

Jika berangkat dari Manado, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara, untuk ke Likupang bisa ditempuh dengan perjalanan naik mobil yg membutuhkan waktu sekitar dua jam, cukup singkat. Tapi jika jalan Tol Manado-Likupang selesai, perjalanan bisa ditempuh lebih cepat. Perjalanan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Episentrum KEK Likupang ada di Pantai Paal Marinsouw dan Pantai Pulisan, dua pantai yang elok, dengan hamparan pasir putih, berhadapan dengan lautan lepas. Pantai Pulisan malah punya perbukitan dengan padang savana yang menawan. Bentuk pesisirnya yang berupa teluk, membuat Pantai Pulisan punya banyak spot pantai menawan. Selain itu juga ada Pantai Sampirang dan Ekowisata Bahoi.

Explore wonderful Indonesia di Likupang ! Selintas terbayang, kalo ke sana mau ngapain aja, semoga budgetnya cukup, bisa ngajak anak2, ibu, adik2, dan ponakanku liburan ke Likupang, mau berfoto di spot cantik dan unik khas Likupang supaya feeds instagram makin estetik, mau makan bubur Manado (Tinutuan) berupa bubur dipadukan sayuran segar dan ikan cakalang atau daging sapi sebagai pelengkap, nasi kuning Likupang dengan sambalnya yang khas, Pisang Goroho yang teksturnya mirip keripik, dimakan dengan Sambal Roa, Panada isi ikan cakalang, Lalampa yang kalau di Jawa mirip lemper, berisi ikan cakalang yg wanginya aja udah bikin ngiler.. Lalu ada Cakalang Fufu yg pedasnya bikin nagih, mau santai di pinggir pantai, dimanjakan sepoi-sepoinya angin dan deburan ombak yg menenangkan..

Nasi Kuning Likupang (sumber gambar: indonesia.travel)
Nasi Kuning Likupang (sumber gambar: indonesia.travel)

Cakalang Fufu (sumber gambar: indonasia.travel)
Cakalang Fufu (sumber gambar: indonasia.travel)

Dari data Kawasan Ekonomi Khusus, keunggulan geoekonomi KEK Likupang bertumpu pada lokasi Likupang Timur di Kabupaten Minahasa Utara, karena memiliki orientasi geografis wilayah berdekatan dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan pelabuhan Bitung. Sangat potensial, KEK Likupang diproyeksikan bisa menarik investasi sebesar Rp5 triliun dan dapat menyerap tenaga kerja 65.300 orang hingga 2040.

Likupang dibangun dengan tema resor (resort) dan wisata budaya (cultural tourism) di tepi pantai, didukung oleh kawasan sekitar yang memiliki pantai berpasir dan dekat dengan Wallace Conservation Center. Konsep Kawasan Ekonomi Khusus Likupang akan mengembangkan resor kelas premium dan kelas menengah (mid range resort), budaya (cultural), dan pengembangan WaIIace Conservation.

Sebagai orang Sulawesi, aku bangga banget Likupang terpilih jd Destinasi Super Prioritas.. Ada banyak tempat cantik dan unik yg bisa kita datangi di Likupang, Sulawesi Utara.. Misalnya: Pantai Pulisan yg berpasir putih dengan air laut yg tenang, terdiri tiga bagian yang dipisahkan oleh tebing batu menjorok ke laut. Ada pula Bukit Pulisan yg terletak tak jauh dari Pantai Pulisan, menyajikan pemandangan padang rumput yang luas berpadu dengan laut biru yang indah.

Pantai di Likupang Menawarkan Eksotisme yang Memikat (sumber gambar: Kemenparekraf)
Pantai di Likupang Menawarkan Eksotisme yang Memikat (sumber gambar: Kemenparekraf)
Jika berkunjung ke Likupang, teman-teman juga bisa ke Pantai Paal yg berlokasi di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur. Pantai ini sudah sangat terkenal akan keindahahnya, berpasir putih selembut sutera, berbalut perbukitan yang eksotis. Tentu sangat asyik menyaksikan ombak bersahutan menyapi bibir pantai di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan