Prilly Jeanaldi
Prilly Jeanaldi Sound Engineer

Seorang yang menyukai kegiatan mendengar, dari khusyuk mendengarkan alunan musik sampai cermat mendengarkan alunan suara pemimpin.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora highlight

Sri Mulyani, Seorang Kartini Modern di Kancah Internasional

21 April 2017   13:35 Diperbarui: 21 April 2017   13:44 166 1 1
Sri Mulyani, Seorang Kartini Modern di Kancah Internasional
Image Credit : cbnc.com

Melakukan kebaikan tidak selamanya mendapatkan terima kasih dari banyak orang

Sri Mulyani

Mungkin Hari ini saat yang tepat untuk mengucapkan beribu kata Terima Kasih untuk Sri Mulyani, Seorang Kartini Modern Indonesia yang bersinar dikancah Internasional.

Sri Mulyani, Wanita Kelahiran Bandar Lampung mungkin sebagian mengenalnya sesudah ia ditunjuk menjadi Menteri Keuangan Oleh Presiden Joko Widodo pada Juli 2016. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia Pada Periode 1 Juni 2010 – 27 Juli 2016. Sepak terjangnya tidak diragukan lagi dalam mengatasi Krisis Global yang melanda, Karya Pemikiran dan eksekusi dia dalam dalam bekerja sungguh berdedikasi besar.

Namun dari kehebatannya tentu ia mengalami berbagai tantangan atau kesulitannya, Berkat Keluwesannya dalam meraih mimpi yang besar, Ia dapat bertahan, Berkilau sekaligus menjadi pemenang.

Kita tahu benar bahwa tonggak ekonomi adalah salah satu tumpuan besar sekaligus penentuan langkah Indonesia kedepannya. Segala hal penting yang terkait dengan tugas ekonomi ia emban dengan begitu cekatannya, dari hulu ke hilir, kurs, suku bunga, devisa, likuiditas, rush, neraca perdagangan, stimulus dan seterusnya dengan teliti ia perhitungkan dengan cermat karena resiko dalam berkeputusan ada ditangannya. Yah, Seorang Sri Mulyani wanita dengan ‘super power’ nya seorang kartini masa sekarang dan relevan dimasa depan.

Untuk menjadi wanita sekuat Sri Mulyani tidak mudah, Ada Prinsip hidup, pengalaman pahit serta resiko. Sri Mulyani adalah cerminan bagi kaum hawa di Indonesia yang ingin berkarir dengan ‘smart’ dan ‘Powerful’. Lelaki mana deh ngaku, yang enggan punya istri seperti Sri Mulyani?ngaku deh kamu apalagi yang sedang tuna asmara saat ini (tuna asmara kata lebih halus dari jomblo).

Selain wanita pejuang ekonomi kancah dunia, ia juga pejuang dalam memberantas korupsi melalui basis analisa salah satunya berdasarkan ‘Fraud Triangle’. Entah kenapa saya merasakan, Wanita itu diberkati oleh tuhan dengan kemampuan analisa perhitungan yang tajam soal ‘finance’. Itulah mengapa para pria sudah sepatutnya tidak ‘macam macam’, satu macam saja sudah ada ‘warning’ kok. Sana tidur di luar!

Sudah pantaskah kita berterima kasih pada Sri mulyani?

Pada Tahun 2005 ia sempat ditunjuk oleh Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjabat sebagai menteri keuangan, Kebijakan pertamanya ia berhasil meminimalisir korupsi dan memperkasai reformasi birokrasi di kemenkeu. Ia berhasil meningkatkan nilai investasi langsung dari luar negeri pada tahun 2004 senilai $4.6 Milyar dan ditahun berikutnya meningkat menjadi $8,9 Milyar.

Tahun 2006 ia digadangkan menjadi Euromoney Finance  Minister Of The Year Oleh Majalah Euromoney. Ditahun 2007 dimasa jabatannya dapat mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6.6%, itu tertinggi sejak Krisis Finansial di Asia tahun 1997.

Kerja Kerasnya menghasilkan buah manis, pada Agustus 2008 ia disebut oleh majalah Forbes sebagai Wanita Paling berpengaruh Ke-23 Di dunia. Lalu Majalah Emerging Market memilih Sri Mulyani sebagai Asia’s Finance Minister Of The Year selama tahun beruntun, 2007 dan 2008 .

Dan ini kenyataan pahit atas segala resikonya untuk setiap keputusan yang harus dieksekusi secara cepat dan tepat, Kasus Bank Century menjadi Hal yang paling pahit setelah ia berjuang dengan sepenuh hatinya. Sri Mulyani diserang habis habisan oleh DPR, ia disalahkan lantaran seharusnya ia tidak mencairkan dana sebanyak 6 Trilyun lebih bagi Bank ‘Kecil’ seperti Century. Namun semua resiko itu dilakukan karena sudah menjadi perhitungan dan eksekusi yang darurat demi menyelamatkan Indonesia dari krisis ekonomi global. Dasar pemikirannya “Jika ada rumah terbakar, tidak mungkin dibiarkan karena api bisa membakar seisi kampung.” Bahwa di dalam rumah itu ada perampok, “Ya tangkap perampoknya,”

Pahit ia harus tersisih dari negerinya sendiri, jasanya harus menguap begitu saja karena resiko yang ia mantapkan sesuai perhitungannya. Namun, Tuhan menyaksikan dan atas kebesaran-Nya Dunia dibuat menjadi harus ‘membungkukkan kepala’ padanya, inilah yang dimaksud Habis Gelap terbitlah Terang. Bank Dunia datang untuk meminangnya bekerja disana, kala itu karena keputusan tepat nan beresiko ia mendapatkan pujian karena aksi heroiknya. Ahli ahli ekonomi bahkan presiden dan menteri dari Negara lain merespon aksinya pada krisis tahun 2008. Ironis memang, dinegeri sendiri ia di jegal habis habisan pada tahun itu.

Pada tanggal 5 Mei 2010, Sri Mulyani ditunjuk menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ia menggantikan Juan Jose Daboub, yang menyelesaikan empat tahun masa jabatannya pada 30 Juni, mengatur dan bertugas diatas 74 negara di Amerika Selatan, Karribean, Asia Timur and Pasifik, Timur Tengah and Afrika Utara.

Pada 27 Juli 2016, Sri Mulyani kembali ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk kembali menjadi Menteri Keuangan, keputusan itu menjadi kejutan bagi banyak pihak. Kita akan menyaksikan prestasi prestasi lainnya di era sekarang, Semoga bisa membawa perekonomian Indonesia menajdi langkah terdepan di era tekanan eknomi global saat ini.

Di Hari Kartini ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sri Mulyani, Pemikiran Kartini sangat masih relevan untuk Sri Mulyani disaat ini, Seorang Kartini Modern Indonesia yang mendunia. Teruslah bekerja dengan hati dan berjuang menyetarakan kesenjangan rakyat Indonesia.

"Humility in the sense that we can not solve all the problems in a period, or even in a generation, but we are optimistic that humankind has the ability to collect evidence and learn from history, which enables us to continue to do better." Kata Sri Mulyani

Berikut Pesan yang bisa kita ambil dari seorang Wanita Super Power Bernama Sri Mulyani untuk Wanita Indonesia ;

Menjunjung tinggi Nurani , Bekerja dengan Profesional, Berprinsip Sederhana, Tergerak untuk Berani Melawan Ketidak Benaran dan Selalu Bertanggung Jawab pada Tugas yang diemban.

Untuk Kartini masa kini, Optimislah! Women Can Have it All . .

Baiklah Jarum pemutar piringan hitam sudah kupegang, Akan kuputar Hari ini sekeras kerasnya Lagu Berjudul 'Woman' dari John Lennon untuk para  Wanita Terbaik Di indonesia

" Woman, I can hardly express,
My mixed emotion at my thoughtlessness,
After all I'm forever in your debt "

"And woman, I will try to express,
My inner feelings and thankfulness,
For showing me the meaning of success,
Ooh, well, well 
"

Selamat Hari Kartini untuk Wanita Indonesia!

Sumber : https://id.wikipedia.org