Mohon tunggu...
Wahyu Widodo
Wahyu Widodo Mohon Tunggu... Jurnalis - Salam.

Menutup lisan demi tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jepang Akan Gunakan Remdesivir dan Avigan untuk Tangani Covid-19

7 Mei 2020   07:42 Diperbarui: 7 Mei 2020   07:46 42 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jepang Akan Gunakan Remdesivir dan Avigan untuk Tangani Covid-19
Avigan atau Favipiravir. (New York Post)

Pemerintah Jepang mengambil langkah berani dengan mempertimbangkan penggunaan Remdesivir dan Avigan untuk penanganan kasus Covid-19.

Selasa (5/5) lalu, Menteri Kesehatan Kepang kato Katsunobu mengatakan kalau obat-obatan ini akan bisa digunakan jika disetujui oleh panel penasehat hari ini, Kamis (7/5).

Proses persetujuan semacam ini biasanya memerlukan waktu hingga satu tahun. Tapi dalam kasus ini pemerintah Jepang berani melakukan proses cepat hanya dalam satu minggu saja.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan obat-obatan semacam ini. Mulai dari seberapa mendesak kebutuhannya sampai apakah obat jenis ini juga sudah tersedia di negara dengan sistem aturan yang sama dengan Jepang.

Berikut ini sedikit gambaran tentang Remdisivir dan Avigan sebagaimana dirangkum oleh NHK.

Remdesivir

Obat yang satu ini awalnya dikembangkan oleh perusahaan farmasi Gilead untuk melawan virus Ebola. Fungsi dasar dari obat ini adalah untuk mencegah virus mereplikasi dirinya di dalam tubuh manusia.

Pada tanggal 1 Mei kemarin, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS juga sudah mengizinkan penggunaan obat ini untuk melawan Covid-19.

Walaupun akan segara digunakan di Jepang, tapi ahli farmasi Prof. Morishima Tsuneo memperingatkan adanya efek samping dari obat ini.

Ia mengungkapkan kalau obat ini berisiko menyebabkan gangguan ginjal dan penggunaannya harus benar-benar dibatasi untuk kasus yang sangat mendesak saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan