Mohon tunggu...
Prayogo Arbi
Prayogo Arbi Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar / Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hobi Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ekuitas Merek dan Portofolio Merek

14 Desember 2021   11:08 Diperbarui: 14 Desember 2021   11:11 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MANFAAT EKUITAS MEREK:

1. Tahan Terhadap Persaingan Bisnis: Bagaimanapun imbas merek dalam persaingan bisnis, kita dapat melihat dengan merek, misalnya iPhone & Samsung yang tetap laku meski banyak merek baru yang lebih murah. 

2. Tidak Perlu Takut atau Khawatir Menaikkan Harga: Perusahaan yang memiliki ekuitas merek yang tinggi, akan dikenal oleh masyarakat. Jadi dengan harga yang mahal, konsumen masih rela membeli lantaran kualitasnya yang bagus. 

3. Mengalahkan Kompetitor Menggunakan Diferensiasi Produk: Merek dengan ekuitas yang sangat kuat, tidak perlu risih dalam mempertinggi harga produk atau meluncurkan produk baru yang lebih mahal menurut kompetitor, hal ini karena pelanggan mereka sudah percaya menggunakan kualitas dari ekuitas merek tersebut. 

TERDAPAT 4 DIMENSI EKUITAS MEREK:

1. Brand Awareness: Merupakan kemampuan pelanggan untuk mengenali atau mengingat kembali sebuah merek dan menggantikannya dengan satu kategori produk tertentu. 

2. Perceived Quality: Yaitu mendeskripsikan respon holistik pelanggan terhadap kualitas dan keunggulan yang ditawarkan sebuah merek. 

3. Brand Associations: Adalah yang berkenaan dengan segala sesuatu yang terkait dengan memori pelanggan terhadap sebuah merek. 

4. Brand Loyalty: Yaitu komitmen yang kuat untuk berlangganan atau membeli kembali suatu merek secara konsisten pada masa mendatang. 

MODEL EKUITAS MEREK:

1. Penilaian Aset Merek Valuator (BAV): Adalah metrik yang ditetapkan untuk mengukur nilai merek suatu ekuitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun