Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Optimisme Melawan Virus Delta

18 Juli 2021   05:26 Diperbarui: 18 Juli 2021   05:28 411 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Optimisme Melawan Virus Delta
Ilustrasi varian virus corona Delta. Varian ini pertama kali diidentifikasi di India, sebelumnya dinamai B.1.617.2. Virus corona varian Delta. (sumber: Shutterstock/angellodeco via kompas.com)

Sejak tanggal 2 Juli 2021 pemerintahan dibawah Presiden Jokowi menerapkan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali, karena menghadapi efek negative arus mudik dan berkembangnya beberapa varian baru virus corona khususnya Delta. Intinya lebih ganas dan mudah menulari.

Penyebaran covid yang ganas menurut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro darurat untuk Pulau Jawa dan Bali, 90 persen kasus di Jakarta adalah varian Delta.

Ada dua pemikiran warga yang berkembang yaitu berfikir optimis atau pesimis. Penularan di Indonesia mencapai rekor 54.000 perhari, dimana DKI Jakarta pernah tembus di angka 14.000 perhari.

Kita banyak termakan pengaruh psikologis kasus India, berita seakan-akan semua akan berantakan. Memang kita terpukul meningkatnya penularan, sehingga BOR RS umumnya diatas 90 persen.

Banyak warga yang harus isolasi mandiri dan menjadi korban. Pasokan oxygen dan obat-obatan terbatas, diberitakan banyak padien covid tergeletak di lantai UGD.

Nah, pemerintah jelas mengambil langkah menambah RS dan pusat Isolasi di Rusun, Wisma Haji serta tenda- tenda. Selain menerapkan PPKM Darurat, pemerintah menerapkan PPKM Mikro ketat di 43 wilayah luar Jawa.

Selain itu pemerintah juga melakukan akselerasi program vaksinasi serta meningkatkan kesiapan sistem kesehatan yaitu fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

Hindari Pandangan Pesimis

Dalam menghadapi pressure berat penyebaran covid, seharusnya kita bangsa Indonesia jangan pesimis karena kita akan terbawa arus ke jurang emosional tidak berbatas, curiga, benci, putus asa dan berbagai sikap intoleran.

Dari pemahaman kata optimis dan pesimis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia digolongkan sebagai nomina. Optimis bermakna 'orang yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik dalam menghadapi segala hal.

Makna pesimis ialah orang yang bersikap atau berpandangan tidak mempunyai harapan baik (khawatir kalah, rugi, celaka, dsb); orang yang mudah putus (tipis) harapan'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN