Emanuel Pratomo
Emanuel Pratomo Meneropong

twitter: @prattemm88 mail: prattemm@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Tak Sekadar Berlari 60K Ultra Marathon

14 November 2017   00:26 Diperbarui: 14 November 2017   01:06 1088 2 1
Tak Sekadar Berlari 60K Ultra Marathon
Eksekutif Astra menunjuk Mobil Abong berplat B 388 RUN [Foto: Prattemm]

Hal yang lumrah jika berLari Marathon sepanjang 42,195 kilometer. Namun Lari Ultra Marathon 60 kilometer yang dimulai dari kawasan Kantor Pusat PT Astra International Tbk di Sunter Jakarta Utara, menandai dimulainya pesta empat tahun Astra Runners Community (ARC). Titik awal (start) dimulai tepat pukul 20.00 WIB pada 11 Nopember 2017, 60 Insan Astra Runners menembus angin malam jalanan ibukota untuk menuju titik akhir (finish) di Astra Biz Center yang berlokasi dalam BSDCity Tangerang Selatan.

Rute pertama para pelari sepanjang 16 km menuju Astra Motor Center di Jalan Dewi Sartika Jakarta Timur. Rute kedua menuju Menara Astra Jalan Jend. Sudirman Jakarta Pusat yang merupakan titik 28 km. Kemudian rute ketiga menuju titik 39 km yang berlokasi Astra Life Tower Pondok Indah Jakarta Selatan. Lalu rute keempat menuju titik 50 km yang berlokasi di Auto 2000 Bintaro Tangerang Selatan. Dan akhirnya rute kelima menuju titik 60 km yang berakhir di Astra Biz Center BSDCity.

Start 60k Ultra Marathon di Astra International Sunter Jakarta Utara (Foto: Astra)
Start 60k Ultra Marathon di Astra International Sunter Jakarta Utara (Foto: Astra)

Abong (keempat dari kiri) bersama 60 Insan Astra Runners di garis finish Astra Biz Center BSDCity Tangerang Selatan (Foto: Astra)
Abong (keempat dari kiri) bersama 60 Insan Astra Runners di garis finish Astra Biz Center BSDCity Tangerang Selatan (Foto: Astra)

Pagi harinya 12 Nopember 2017 menjelang pukul 06.00 WIB di Astra Biz Center, akhirnya kehadiran 60 Insan ARC memberi kejutan dengan  mencapai garis finish. Sementara itu 2.000 Insan Astra dari berbagai unit usaha Grup Astra tengah melakukan persiapan, untuk mengikuti Run & Fun Walk sepanjang 3K dan 6K. Abong, panggilan akrab Direktur Astra International Suparno Djasmin, turut ikut berlari didampingi Yulian Warman (Head of Public Relations PT Astra International Tbk), Sylvia Hermawan (Cross Selling Initiative Head - Astra Credit Company + Ketua Umum Astra Runners Community). 

Start Peserta Lari 3k dan 6k (Foto: Astra)
Start Peserta Lari 3k dan 6k (Foto: Astra)

Abong dan Yulian Warman (depan) memasuki garis finish (Foto: Astra)
Abong dan Yulian Warman (depan) memasuki garis finish (Foto: Astra)

"Sesuai Motto Astra Runners yang Berlari, Peduli dan Berbagi, maka Astra juga akan melakukan CSR dengan komunitas di lingkungan sekitar Astra Biz Center," kata Abong di atas panggung utama, sesaat sebelum penyerahan apresiasi dan peniupan lilin pesta.

Total donasi tahun ini sebesar Rp. 60 juta diberikan kepada komunitas dan yayasan yang berada di ring satu Astra Biz Center, BSD-City dan Guardian Holy Angel Foundation. Selama empat tahun pelaksanaan Astra Runners telah disumbangkan donasi sebesar Rp. 200 juta. Semangat berlari sambil membawa spirit kebaikan, sesuai dengan motto Charity Run : We Run, We Care, We Share. Tak terasa telah menginjak usia empat tahun komunitas lari Astra Runners, juga melakukan perubahan logo Astra Runners yang lebih dinamis. 

Tubuh yang bergerak dalam kegiatan lari, akan menunjang hidup yang sehat. Seluruh peserta Astra Runners dapat juga melakukan pengecekan kesehatan dan konsuktasi gizi plus gaya hidup sehat melalui booth AstraLife. Ditargetkan pada perayaan 5 tahun Astra Runners, kegiatan ini akan dapat diikuti oleh sekitar 3.000 orang.


Sambil menunggu seluruh peserta hingga mencapai garis finish, disempatkan pula berkeliling menikmati Astra Biz Center yang memiliki total luas bangunan 31.753 m2 di atas tanah seluas 62.107 m2. Kompleks bisnis terpadu antar lini usaha Grup Astra ini yang dibangun dengan investasi Rp. 777 milyar ini, telah resmi beroperasi sejak 14 Agustus 2017 lalu. Semuanya ada disini serba one stop service, mau beli sepeda motor Honda serta mobil mulai dari jenis LCGC hingga premium seperti Daihatsu, Toyota, Isuzu, BMW, Peugeot. 

Foto: Prattemm
Foto: Prattemm

Foto: Prattemm
Foto: Prattemm

Seluruh gedung sangat minimalis dan berkonsep ramah lingkungan (green building). Ada begitu bamyak ventilasi silang agar memudahkan pencahayaan alami dapat masuk secara maksimal. Ada berbagai perangkat penghematan energi dan tentunya penggunaan material ramah lingkungan. Taman dan area terbuka dapat dinikmati oleh pelanggan dalam keramahan layanan terbaik.

Komitmen Astra dalam berkontribusi bagi masyarakat yang lebih luas, diwujudkan dalam tanggung jawab sosial (CSR) di lingkungan sekitar instalasi Astra berada. Salah satunya adalah memberikan kesempatan lapangan pekerjaan bagi warga lokal sekitar Astra Biz Center BSDCity serta Tangerang. Setiap unit usaha Grup Astra di Astra Biz Center, telah memiliki sejumlah karyawan yang berasal dari sekitar BSDCity.

Kemudian pengembamgan Kampung Berseri Astra (KBA) Lengkong Kulon Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, yang mencakup program kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan bagi masyarakat Desa Lengkong Kulon.

Upaya berkesinambungan Astra dalam membangun Sejahtera bersama Bangsa ini, sejalan dengan salah satu butir filosofi Catur Dharma Astra yaitu Menjadi Milik  yang Bermanfaat bagi Bangsa Dan Negara.