Mohon tunggu...
adi pranata
adi pranata Mohon Tunggu... Pranata

hanya pemulung kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Politik

Ganjalan Menteri Muda dari Dalam

11 Juli 2019   12:25 Diperbarui: 11 Juli 2019   12:33 0 1 1 Mohon Tunggu...
Ganjalan Menteri Muda dari Dalam
poskotanews.com

Presiden Jokowi adalah presiden yang sangat aktif dalam menggikuti perkembangan zaman, bahkan beliau dikenal sangat mendukung inovasi-inovasi para kaum muda di indonesia. Kedekatan Jokowi dan anak muda memang sudah terjalin sejak beliau menjadi walikota, dukungan kepada mobil Esemka karya anak SMK di solo yang mengantarkan dia menjadi tokoh nasional, saat kampanye menjadi Gubenur Jakarta, konten-konten promosi Jokowi semua dikerjakan oleh kaum muda pendukungnya. Sampai saat menjadi presiden pun beliau jika bepergian masih suka menggunkan sepatu dan pakaian ala kaum muda milenia. 

Sekarang di periode kedua ini Jokowi ingin memberikan ruang lebih kepada anak muda untuk menjadi pembantunya langsung. Jokowi bersirat bahwa di kabinet periode keduanya ini akan didominasi oleh kaum muda 20-30 th. Dia meyakini kaum muda ini mampu mengimbangi kinerja cepatnya. Dia ingin memberikan tempat khusus bagi kaum muda indonesia untuk membangun negerinya langsung. 

Sayangnya tentang hal ini tidak mudah, dikarenakan para partai koalisi Jokowi sedang saling sindir untuk menimbang mendapatkan jatah menteri. Bahkan PKB dengan ketua umumnya yang sedikit pongah datang meminta 9 Menteri, tentu PDIP sebagai pengusung utama Jokowi naik pitam, kalau PKB minta 9 menteri apa kabar PDIP, bisa minta berapa?

Jokowi akan dibuat pusing dengan tingkah partai-partai pendukungnya, tentu dia harus mengakomodir semua kepentingan, di samping Jokowi juga punya visi kedepan sendiri bahwa anak muda adalah salah satu mesin pengerak yang sangat aktif. 

Dari sela-sela kunjungan keluar negeri, Megawati memberikan pernyataan bahwa tidak mungkin memilih menteri yang pengalamannya di politik masih kurang. tentu walaupun sudah berumur tapi masih banyak orang-orang pengalaman lain yang pantas menjadi menteri. Jadi jangan beranggapan kalau menterinya tua terus dia tidak mampu, dia tentu punya pengalaman.

Kita berharap memang Jokowi bisa memberikan sebuah perombakan baru di mana kabinet diisi oleh anak-anak muda yang masih bersih tanpa ada masalah masa lalu yang menjadi beban. Jokowi harus berani karena saat ini dia tidak punya beban lagi untuk menjalankan roda pemerintahan. Rakyat ada bersamanya. Bukan kah Bung Karno bilang "berikan dia 10 Pemuda maka akan ku guncang dunia" saya yakin dengan 10 pemuda atau lebih dalam kabinet Jokowi nanti getaran kemajuan indonesia akan terlihat dunia. 

kita tunggu sana bulan oktober ini, bagaimana wajah kabinet Presiden Jokowi, apa akan menjadi Kabinet Luar biasa, atau hanya menjadi kabinet 4L (Lo Lagi Lo Lagi)

salam.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x