Pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan salah satunya, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran dalam bentuk digital. Dalam kegiatan belajar mengajar, media pembelajaran memiliki peran vital untuk mencapai tujuan pembelajaran, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Penggunaan media belajar berbasis game dapat menarik minat belajar siswa daripada menggunakan metode belajar konvensional (ceramah). Diharapkan dengan adanya media pembelajaran melalui website games edukasi dapat secara efektif meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terkait pembelajaran.Â
Berikut ini 5 website games edukasi yang dapat digunakan oleh guru di antaranya, yaitu:
Platform ini dapat menciptakan pembelajaran interaktif karena guru dapat membuat kuis yang sesuai dengan tingkat dan mata pelajaran yang dipilih. QuizWhizzer memberikan opsi untuk membuat jenis soal dan dapat disisipi gambar, audio, dan tautan YouTube. Selain itu, jawaban untuk kuis hanya disediakan jenis pilihan ganda yang dapat diatur urutannya dan juga dapat disisipi gambar. Platform ini memiliki fitur public game yang mana pengguna dapat menggunakan permainan yang dibuat oleh pengguna lain.
platform ini menawarkan pembuatan dan pelaksanaan kuis edukatif interaktif. Dalam platform pengguna dapat menambahkan gambar dan suara ke dalam kuis. Selain itu dapat juga memilih gaya tampilan, mengatur waktu bermain, dan menentukan tingkat kesulitan. Games ini dapat dimainkan secara individu dan kelompok sehingga dapat meningkatkan kerjasama antar siswa.
Edpuzzle  memungkinkan guru untuk mengedit video dengan menambahkan pertanyaan, komentar, dan elemen interaktif lainnya. Video dapat diambil dari berbagai sumber seperti YouTube atau diunggah oleh guru sendiri. Guru dapat menyematkan berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda dan esai, pada titik tertentu dalam video.
Gamilab sebagai platform pembelajaran berbasis game yang dirancang untuk membantu pendidik dalam menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Gamilab menggunakan elemen permainan seperti poin, bintang, skor tinggi, dan lencana untuk meningkatkan motivasi siswa. Dengan cara ini, proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Platform ini menggabungkan unsur arcade dengan konten akademik untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Arcademics menyediakan berbagai permainan yang fokus pada matematika dan bahasa. Tampilan dari platform ini menampilkan visual yang menarik dengan animasi dan kartun yang berwarna. Platform ini juga memberikan umpan balik langsung dan adaptif. Jika siswa menjawab salah, game akan memberikan penjelasan dan kesempatan untuk mencoba lagi, membantu siswa mengidentifikasi kesalahan dan memperbaikinya secara mandiri.
Demikianlah 5 website games edukasi yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa dan membantu siswa untuk memahami materi dengan cara interaktif. Mari kita ciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya informatif tetapi juga interaktif dan menyenangkan!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI