Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Lezatnya Sate Ambal, Membuat Lidah Enggan Berhenti Bergoyang

21 Agustus 2021   12:11 Diperbarui: 21 Agustus 2021   12:16 192 19 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penjual Sate Ambal Khas Kebumen - Sumber : Dokumen Pribadi

"Ketika melakukan perjalanan dan melewati Kebumen, jangan lewatkan kuliner khas yang satu ini. Sate ayam dengan bumbu yang berbeda tentunya menambah cita rasa kuliner khas nusantara." 

Sebenarnya mencicipi kuliner satu ini sifatnya hanya iseng-iseng saja. Ceritanya bermula ketika akan melakukan perjalanan dari Kota Ungaran menuju Cilacap.

Seperti biasa perjalanan yang saya lakukan dengan mengendarai skuter matik kesayangan. Karena kondisi masih dalam masa pandemi saya berusaha persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan keamanan berkendara sepeda motor hingga aturan protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Setelah semua sudah siap, tak lupa pula saya mencoba mengecek google maps tentang seberapa jauh kilometer yang harus ditempuh dan juga rute mana saja yang harus dilalui. Maklum perjalan ke Cilacap dengan mengendarai skuter matik kesayangan ke Cilacap merupakan pengalaman pertama.

Nah, selain jarak yang harus ditempuh dan rute mana saja yang harus dilalui, saya juga akan memperkirakan di mana saya akan berisitirahat sekedar mengisi perut dan meluruskan kaki. Pilihan jatuh di Kebumen, seketika itu pula saya mencoba mencari informasi tentang kuliner khasnya. Muncullah sate ambal yang mampu memantik rasa penasaran. 

Rasa Penasaran Terobati 

Perjalanan yang dilalui sungguh melelahkan. Tanjakan, turunan, kelokan ke kanan dan ke kiri cukup menguras energi. Sesekali berhenti sekedar mencukupi kebutuhan hidrasi agar tetap konsentrasi dan mengusir rasa kantuk yang tiba-tiba hadir.

Tak terasa perjalanan dari Ungaran sudah menempuh waktu sekitar tiga jam lamanya. Perut mulai keroncongan, dan sesuai dengan rencana awal saya akan mencicipi sate ambal khas Kebumen.

Saat tiba di daerah Kutowinangun Kebumen, saya mendapati banyak pedagang sate ambal yang menjajakan kuliner khas Kebumen yang satu ini. Langsung saja saya menepi dan memarkirkan skuter matik kesayangan. Mengambil sebotol air mineral dari dashboard skuter matik lalu memesan sate ambal yang membuat penasaran.

Sembari menunggu sate ambal siap disajikan, saya mencoba mengobrol dengan penjual tentang apa sih sebenarnya yang membedakan sate ambal ini dengan sate -sate lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan