Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Hindari 3 Hal Ini Agar Presentasi Tidak Membosankan

16 Juli 2021   09:30 Diperbarui: 16 Juli 2021   10:39 121 20 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hindari 3 Hal Ini Agar Presentasi Tidak Membosankan
Ilustrasi Seorang Pemateri yang Sedang Melakukan Presentasi di Depan Audiens - Sumber: kompas.com

"Duh, kok mboseni banget presentasinya, kapan selesainya?"

Pernah mendengar keluhan seperti itu tatkala sedang mengikuti sebuah kegiatan dimana pembicara sedang melakukan presentasi yang sangat membosankan terkait dengan materi yang disampaikan? Atau bahkan diri kita sendiri yang bergumam dalam hati seperti itu?

Keterserapan materi atau informasi secara optimal dalam melakukan presentasi suah barang tentu menjadi tujuan utama. Banyak hal yang dilakukan agar materi yang disampaikan kepada audiens dapat terserap secara optimal. 

Materi menarik dan cara berkomunikasi yang asyik akan membuat suasana menjadi lebih nyaman sehingga kegiatan transfer informasi pun dapat berjalan dengan baik. 

Pernah tidak saat sedang melakukan presentasi namun audiens hanya sekedar mendengarkan dan tidak ada rasa antusias sama sekali? Bahkan, ditengarai di dalam hati para audiens terdapat rasa ingin sekali menyudahi kegiatan presentasi tersebut. 

Materi atau informasi yang sebenarnya sangat berguna dan bermanfaat akan menjadi tidak menarik jika dalam penyampaian materi berjalan sangat membosankan. Hal ini perlu diantisipasi agar para audiens tidak menghilang satu per satu dan pergi meninggalkan ruangan kegiatan. Rasanya perlu menghindari beberapa hal ini agar presentasi dengan informasi yang akan disampaikan dapat berjalan asyik, menarik, dan tentunya terserap optimal.

1. Hindari Pemilihan Slide Presentasi yang Monoton 

Tahap awal yang harus dilakukan dengan tepat adalah tatkala menentukan slide presentasi. Hindari slide presentasi yang terkesan monoton secara desainnya. 

Ragam opsi pilihan slide presentasi dengan desain menarik dapat digunakan agar dapat menarik perhatian dari para audiens. Pemilihan desain slide dan warna, menjadi tahap awal dalam sukses tidaknya ketika melakukan presentasi.

2. Hindari Copy Paste Materi Secara Utuh dalam Slide Presentasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN