Mohon tunggu...
Pancasila Kel 2
Pancasila Kel 2 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi berpetualangan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peranan Pancasila pada Remaja dalam Menghadapi Arus Globalisasi

4 Desember 2022   23:32 Diperbarui: 4 Desember 2022   23:50 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada era globalisasi  ini banyak memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Tidak dapat dipungkiri bahwa akulturasi atau pertukaran budaya semakin mudah terjadi. Hal ini harus diperhatikan bahwa era globalisasi ini menjadi hal yang perlu diperhatikan. Remaja sebagai generasi penerus bangsa mempunyai kewajiban untuk melestarikan budaya bangsa. Oleh karena remaja membutuhkan suatu pegangan atau pedoman. 

Peran pancasila sebagai filter kebudayaan

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia sekaligus dasar negara Indonesia. Selain sebagai ideologi, pancasila merupakan wujud cita - cita nenek moyang bangsa indonesia yang  bersumber dari kebudayaan bangsa indonesia. Penanaman nilai - nilai pancasila pada remaja sangat penting untuk dilakukan. terutama pada era mudahnya kebudayaan asing masuk ke dalam negeri. Yang menjadi pertanyaan, apakah pancasila sudah kuno karena diresmikan sudah lebih dari 50 tahun yang lalu. Nyatanya pancasila pancasila masih sangat relevan dengan era sekarang. Di era globalisasi ini pancasila sangat penting sebagai filter yang sangat kuat untuk menangkal pengaruh buruk globalisasi. Pancasila dapat digunakan untuk memilah mana saja nilai yang dapat diserap dari ideologi baru tersebut untuk kemudian disesuaikan dengan nilai-nilai pancasila. Oleh karena itu pancasila tidak menutup kemungkinan adanya perubahan. Pancasila justru memberi kesempatan bagi nilai-nilai dari ideologi baru untuk tumbuh dalam negara dengan tetap mempertahankan nilai budaya aslinya. Oleh karena itu para remaja harus menyesuaikan nilai nilai pancasila dalam kehidupannya. Hal ini agar nilai nilai pancasila tetap tertanam dalam diri para remaja. Selain itu pancasila juga sebagai wadah menumbuhkan kecintaan terhadap budayanya sendiri. Sehingga budaya bangsa Indonesia tidak akan luntur dan tetap eksis di kalangan bangsanya sendiri.

Pemfilteran pancasila sebagai filter kebudayaan itu untuk memungkinkan sebagai generasi muda untuk memiliki jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. Maka dari itu fungsi dari pencasila yaitu dalam meyaring budaya asing yang melahirkan sikap nasionalisme. Rasa nasionalisme dan cinta tanah air diwujudkan dengan menghargai bangsa lain, meski tetap mengutamakan kepentingan negara di atas hal lain. Pada era globalisasi yang baik itu isa menambah wawasan dan mempererat hubungan Indonesia dengan negara lain. Hal ini dapat dicapai bila Pancasila digunakan sebagai dasar untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun