Mohon tunggu...
Pradikta PrayitnaPutra
Pradikta PrayitnaPutra Mohon Tunggu... Guru - Kesenian, Teknologi dan Budaya

pendidik di salah satu sekolah menengah kejuruan di daerah lereng gunung merapai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemebelajaran Seni Musik di Era Digital

30 November 2021   14:15 Diperbarui: 30 November 2021   14:46 102 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kemajuan teknologi saat ini sangatlah pesat. Seluruh manusia pastilah memanfaatkan kemajuan teknologi sesuai dengan kebutuhan masing-masing, mulai dari pemanfaatan penjualan online, ojek online, pembayaran online, bahkan di dunia pendidikanpun saat ini mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi apa lagi kondisi pandemic saat ini. 

Pemanfaatan kemajuan teknologi di dalam dunia pendidikan sebenarnya adalah hal yang wajar, karena dengan keprofesionalan guru dalam mengajar, guru dituntut agar dapat memanfaatkan kamjuan teknologi digital dalam mengajar. 

Hal ini memiliki dampak yang cukup besar bagi peserta didik ketika pembelajran berbasis teknologi. Peserta didik tidak akan ketinggalan kemajuan teknologi dan yang paling utama adalah karakter peserta didik saat ini senang bermain teknologi kussunya kemajuan teknologi pada perangkat hand phone.

Kemajuan yang disajiakn oleh perangkat handphone saat ini dapat dirasakan manfaatnya bagi peserta didik, yang diantaranya adalah pembelajran secara online, mengerjakan tugas secara online, literasi digital, dan lain sebagainya. 

Akan tetapi pemanfaatan teknologi pada perangkat hand phone  perlu dilakukan pengawasan yang cukup ekstra agar tidak disalh gunakan oleh peserta didik. 

Kemajuan perangkat hand phone yang dimiliki oleh peserta didik salah satunya dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk pengembangan diri yang dianatraya sains, art, atupun melakukan literasi secara digital. 

Dengan adanya kemajuan teknologi hand phone  pada saat ini kususnya pada perangkat smart phone berbasis android, harusnya guru dapat mengembangkan pembelajrannya dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Salah satu pemanfaatan smart phone dalam pembelajran adalah untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang seni kususnya pada bidang seni musik

Sebagai guru yang professional, guru tidak boleh ketinggalan oleh perkembangan teknologi, permasalahan-permasalahnyang muncul pada pembelajaran dapat disiasati atau dicarikan solusi dengan pemanfaatan teknologi tersebut. Salah satu permasalahn yangs erring muncul dalam pembelajran seni musik adalah ketika praktik pembelajaran memainkan instrument musi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan