Mohon tunggu...
Ilham Maulana
Ilham Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Penulis Lepas

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Punya Masalah Kecemasan? Berikut 5 Langkah Cepat Mengatasinya

8 Juli 2021   07:00 Diperbarui: 8 Juli 2021   07:56 62 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Punya Masalah Kecemasan? Berikut 5 Langkah Cepat Mengatasinya
Sumber Foto: unsplash.com/@helloimnik

Masalah akan kecemasan seringkali menyiksa kita yang mengalaminya. Dampaknya mulai dari sulit untuk fokus sampai melangalami ketakukan berlebih.

Dampak yang di alami tersebut bisa sangat fatal untuk kita dalam berusaha untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Seperti dalam hal menggapai karir cermelang dan lain-lain.

Kecemasan bisanya dialami ketika kita dihadapkan dengan situasi yang berat, tanda-tandanya ketika jantung kita berdetak dengan sangat cepat atau tangan kita yang bercucuran keringat banyak.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kecemasan berlebih, mulai dari langkah yang mudah untuk dilakukan, hingga langkah tepat untuk efek jangka panjang.

Namun kali ini saya akan membagikan 5 tips untuk mengatasi masalah kecemasan dengan cepat. Tips ini dibuat oleh dokter Timothy J. Legg, Ph.D., CRNP yang ditulis oleh Ally Hirschlag di media medis www.healthline.com

5 Langkah Cepat Mengatasi Kecemasan

Jika kecemasan kamu bersifat sporadis dan menghalangi fokus atau tugas kamu, ada beberapa solusi alami cepat yang dapat membantu kami mengendalikan situasi.

Jika kecemasan kamu terfokus pada suatu situasi, seperti khawatir tentang peristiwa yang akan datang, kamu mungkin melihat gejalanya berumur pendek dan biasanya mereda setelah peristiwa yang diantisipasi terjadi.

1. Pertanyakan Pola Pikir Kamu

Pikiran negatif dapat mengakar dalam pikiran Kami dan mendistorsi keparahan situasi. Salah satu caranya adalah dengan menantang ketakutan Kamu, menanyakan apakah itu benar, dan melihat di mana Kamu dapat mengambil kembali kendali atas diri sendiri.

2. Latihan Teknik Pernapasan

Teknik sederhana yang dapat kamu coba adalah menarik napas selama 4 detik dan kemudian rilis napas kamu dalam hitungan 4 detik juga. Langkah ini biasanya dapat membantu memperlambat detak jantung kita yang berdetak sangat cepat dan menenangkan diri kita.

3. Menggunakan Aromaterapi

Menggunakan aromaterapi merupakan langkah mudah ketiga yang bisa kita lakukan. Aroma terapi biasanya didapat dari parfum atau minyak. Aroma-aroma seperti lavender, chamomile, dan cendana bisa sangat menenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x