Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Konsultan - Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Hanya ingin berbagai untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan SCAMPER dalam Mendukung Pembelajaran HOTS

12 November 2019   13:20 Diperbarui: 12 November 2019   13:39 3715
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ada beragam metode yang dapat digunakan oleh Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan oleh Guru dengan tujuannya untuk melakukan proses pembelajaran yang mengarah pada HOTS (Higher Order Thinking Skills), salah satu yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan metode SCAMPER. 

Dengan metode ini, peserta didik akan dilatih untuk berpikir secara HOTS sehingga proses pembelajaran dapat lebih bermakna. Metode ini merupakah salah satu bagian dari Smart Thinking yang digunakan dalam proses pembelajaran HOTS.

SCAMPER (Substitute, Combine, Adapt, Modify (also magnify and minify), Put to another use, eliminate, and Rearrange). Latihan menggunakan SCAMPER dapat kita lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pilihlah salah satu produk atau layanan yang sudah ada. Ini bisa berupa produk, layanan, atau ide yang sudah ada. Anda ingin meningkatkan atau yang bisa menjadi titik awal yang bagus untuk pengembangan di masa depan. Misalkan, kita akan mengambil contoh kasus sebuah perusahaan yang sudah lama eksis. Seandainya anda diminta menjadi CEO dari perusahaan tersebut, apakah yang anda akan lakukan supaya perusahaan tersebut dapat bertahan dari ketatnya persaingan usaha dan munculnya aneka bisnis yang sejenis?
  2. Selanjutnya silahkan masukkan daftar dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari ketujuh elemen tersebut untuk menemukan solusi yang terbaik.
  3. Terapkan pertanyaan ke nilai, manfaat, layanan, atribut produk, harga, pasar dan pada dasarnya segala aspek terkait lainnya yang mungkin dapat anda pikirkan yang memiliki relevansi untuk kebutuhan ide Anda.
  4. Lihatlah jawaban yang Anda temukan. Apakah ada jawaban yang menonjol sebagai solusi yang layak? Bisakah Anda menggunakan salah satu dari mereka untuk membuat produk baru, atau mengembangkan yang sudah ada?
  5. Ambil ide-ide bagus dan explore lebih lanjut.

Substitute

Secara keseluruhan, pertanyaan untuk dipikirkan di sini adalah ini: Apa yang dapat saya ganti atau ubah dalam produk saya, masalah atau proses? Anda harus memikirkan untuk mengganti bagian dari produk atau proses anda  dengan sesuatu yang lain atau baru.

Pertanyaan Panduan :

  • Apa yang bisa saya ganti untuk melakukan perbaikan?
  • Bagaimana saya bisa mengganti tempat, waktu, bahan atau orang?
  • Bisakah saya mengganti satu bagian dengan yang lain atau mengubah bagian mana saja?
  • Bisakah saya mengganti seseorang yang terlibat?
  • Bisakah saya mengubah aturan?
  • Haruskah saya mengubah nama?
  • Bisakah saya menggunakan bahan atau bahan lain?
  • Bisakah saya menggunakan proses atau prosedur lain?
  • Bisakah saya mengubah bentuk, warna, kekasaran, suara atau bau?
  • Bisakah saya menggunakan ide ini untuk proyek lain?
  • Bisakah saya mengubah perasaan atau sikap saya terhadapnya?

Combine

Pertanyaan keseluruhan untuk dipikirkan di sini adalah: Bagaimana saya bisa menggabungkan dua atau lebih bagian dari produk saya, masalah, atau proses untuk mencapai produk, atau proses yang berbeda untuk meningkatkan sinergi? Pemikiran kreatif melibatkan penggabungan ide, produk, atau layanan yang sebelumnya tidak terkait untuk buat sesuatu yang baru dan inovatif.

Pertanyaan Panduan :

  • Gagasan, bahan, fitur, proses, orang, produk, atau komponen apa yang dapat saya gabungkan?
  • Bisakah saya menggabungkan atau menggabungkan ini atau itu dengan objek lain?
  • Apa yang bisa saya kombinasikan untuk memaksimalkan jumlah penggunaan?
  • Apa yang dapat saya gabungkan untuk menurunkan biaya produksi?
  • Materi apa yang bisa saya kombinasikan?
  • Di mana saya bisa membangun sinergi?
  • Elemen mana yang terbaik yang bisa saya satukan untuk mencapai hasil tertentu?

Adapt

Secara keseluruhan, pertanyaan yang perlu Anda pikirkan adalah: Apa yang bisa saya sesuaikan dengan produk, masalah, atau proses? Pikirkan bagian mana dari produk atau proses yang akan Anda adaptasi untuk menyelesaikannya masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun