Mohon tunggu...
Annie Moengiel
Annie Moengiel Mohon Tunggu... Seniman - Perempuan biasa saja

Just an ordinary woman who like an extraordinary thing ...:)

Selanjutnya

Tutup

Nature

Sampah Lagi, Lagi-lagi Sampah

1 Agustus 2019   08:39 Diperbarui: 1 Agustus 2019   08:45 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Perlu perjuangan besar buat aku log in kompasiana . Pagi ini aku beruntung bisa masuk dan nulis sesuka hatiku kaya biasanya . 

Tertarik dengan topik sliweran di timeline social media  tentang sampah yang lagi jadi primadona di Jakarta dan Surabaya terkait The Leader action . Tapi ini sebenarnya masalah lama yang tak pernah selesai. 

Dan TIDAK AKAN PERNAH SELESAI selama tata kelolanya masih seperti saat ini . Perlu komitmen tinggi dari semua pihak , tata laksana dari hulu ke hilir pun harus jelas, tegas dan konsisten . Sistem harus dibangun menyeluruh termasuk mental dan peran serta masyarakat untuk menjalankan sistem yang diterapkan . 

Artikel ini adalah opini saya secara pribadi, dan mungkin bisa menjadi refrensi bagi dinas terkait untuk mencoba menelaah dan menerapkan. Saya tidak punya kepentingan apapun dalam konteks bisnis, selain gregetan dengan output yang stagnan dari tahun ke tahun .

Sekedar masukan yang ingin saya sampaikan dan barangkali bisa didengar oleh para pemangku kebijakan. Bagi saya, sampah adalah HARTA TERPENDAM khususnya untuk kota besar seperti Jakarta ini . Hanya saja , dari pengalaman yang pernah saya alami ...Sampahpun ternyata berpotensi tinggi untuk di politisasi .

Kembali kepada usulan , saya selalu mengatakan SALAH KELOLA  dari hulu ke hilir ...dan  saya tetap katakan itu . Jargon jargon yang dilempar ke publik hanta menjadi semacam tagline campaign , no implement!  Menyedihkan ! 

Hal hal sederhana tentang pengaturan dan dustribusi pun tak pernah ditinjau efektifitasnya , padahal itu hal mendasar yang harus dilakukan . Percuma bicara zero waste atau waste to energy  kalau tata cara distribusinya kacau balau begini . 

Saya coba bahas tentang ini , karena ini adalah hal yang termudah yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam menerapkan sistem dasar pada masyarakat . 

1 MEMILAH SAMPAH 

Ini jargon lama yang sudah bosan kita dengar, tapi sia sia . 

Seharusnya sistem ini diberlakukan dengan straight, kalau perlu ada punishment jika dilanggar . Tapi harus jelas instruksinya , misalnya diberlakukan sebuah sistem untuk memilah sampah zona per zona dengan RT dan RW sebagai  control lapangan . Pisahkan hari pengambilan sampah ,misalnya Senin , Rabu dan jumat  khusus Sampah Organik , Selasa , Kamis dan Sabtu untuk sampah non Organik . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun