Mohon tunggu...
Komang Sumertawan
Komang Sumertawan Mohon Tunggu... Tentang Saya

Student in Aroor Laksmi Narayana Rao Memorial Ayurvedic Medical College, Koppa, Karnataka, India

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tidak Bisa Login Kompasiana (2019)

24 April 2019   21:38 Diperbarui: 24 April 2019   21:57 335 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Bisa Login Kompasiana (2019)
sudah lapor tapi tidak direspon

Beberapa hari, tepatnya sehari sebelum pemilu tiba-tiba saja saya ingin menulis di kompasiana. O ya saya sudah cukup lama tidak aktif di kompasiana. Jadi waktu itu saya ingin menulis tentang pemilu. Segera saya buka chrome. Ketik kompasiana, masukkan email dan password dan jreng...kompasiana tidak menampilkan halaman dasboard. Kompasiana masih menampilkan halaman utama. Saya bingung, apakah password saya salah? Kemudian saya coba sekali lagi, namun masih sama.

Akhirnya saya coba ganti password kemudian login lagi, namun sayangnya masih sama. Tidak ada hasil apapun. Saya coba untuk browsing di mbah google. Ternyata banyak juga yang mengalami masalah seperti saya. Ada juga yang memberikan solusi. Saya coba ikuti namun solusinya tidak berhasil pada saya, misalnya solusi dengan membersihkan cache pada browser dan reset password. 

Saya menjadi penasaran. Ada yang menulis kalau login dari android namun setelah saya coba untuk login di tablet android tetap saja gagal. Saya coba untuk login ke kompas.com bisa login dengan lancar, tetapi tidak dengan login di kompasiana.

Di hari selanjutnya saya coba mencari solusi lagi di mbah google. Kemudian saya mendapat sebuah tulisan dari admin kompasiana untuk melaporkannya ke admin. Sayapun melaporkan ke admin via email, namun sampai saat ini tidak ada jawaban. 

Kemudian hari ini saya teringat lagi untuk login ke kompasiana, karena rasa penasaran itu masih ada. Pertama saya login via browser chrome. Ternyata masih saja tidak bisa walaupun sudah ganti password. Akhirnya saya putuskan mencoba untuk login di browser Opera dengan mengaktifkan fitur VPN bawaan browser Opera. 

Ternyata berhasil login. Karena berhasil login di Opera makanya saya bisa menulis ini. 

Analisa saya

Kemungkinan kompasiana masuk list laman yang diblokir. Jadi jika dibuka dengan koneksi langsung internet Indonesia maka tidak bisa masuk ke dasboard. Mengapa saya katakan demikian. 

Hal ini terjadi juga pada laman fbs. Saya pernah mengalami hal serupa saat membuka laman fbs. Usut punya usut ternyata laman fbs diblokir di Indonesia. Untuk bisa membuka laman ini maka mau tidak mau menggunakan VPN. Makanya sekarang saja juga menggunakan browser Opera karena browser ini menyertakan VPN gratis di dalamnya. Jadi tidak perlu install VPN terpisah.

Jadi itu kira-kira analisa saya, bisa benar bisa salah. Bisa jadi saya yang guoblok. 

Jadi...semoga kedepannya tidak ada masalah lagi untuk login ke kompasiana. 

VIDEO PILIHAN