Mohon tunggu...
Pengabdian kepada Masyarakat
Pengabdian kepada Masyarakat Mohon Tunggu... Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM

PMM Universitas Muhammadiyah Malang 2020 Rumah Belajar Kakek Aboe 27 Juli - 09 September 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar Online, SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Kota Malang Giat Pelatihan Literasi dan Media Pembelajaran

18 September 2020   18:49 Diperbarui: 18 September 2020   18:52 2 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Online, SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Kota Malang Giat Pelatihan Literasi dan Media Pembelajaran
Dok. KKN

Rangkaian kegiatan ini bermula dari data PIRLS tentang literasi, sains dan matematika di Indonesia yang masih rendah. Di samping itu pula dari pandemi covid-19 yang belum mereda sampai pada hari berita ini diturunkan. Adanya masa pandemi covid-19 ini, mengubah tatanan proses kegiatan pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan. Tidak luput dapat tingkat sekolah dasar. Peralihan proses pembelajaran ini memaksa berbagai pihak untuk melek teknologi. 

Kegiatan yang semua offline berubah menjadi online. Pembelajaran daring yang dilakukan mulai tahun ajaran baru ini, memaksa pendidik untuk mengemas pembelajaran online. Untuk meningkatkan dan mendukung pembelajaran daring tersebut, tim pengabdi dari Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Ibu Beti Istanti Suwandayani, M.Pd dan Falistya Roisatul Maratin Nuro, M.Pd memberikan pelatihan dan pendampingan dengan tema literasi dan media pembelajaran dalam masa pandemi.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan keberlanjutan dari penulisan literasi informasi berbasis karya ilmiah yang sudah dilakukan oleh guru-guru SD Muhammadiyah se-Kota Malang." tutur Beti Istanti Suwandayani selaku tim pengabdi.

Dari kegiatan sebelumnya tersebut kegiatan literasi yang dilakukan oleh guru-guru SD Muhammadiyah se-Kota Malang telah menghasilkan sebuah buku ber-ISBN dengan judul "Bakti dari Hati Senarai Karya Guru SD Muhammadiyah Kota Malang".

whatsapp-image-2020-09-17-at-8-11-36-pm-5f649eeed541df16fd3b62c2.jpeg
whatsapp-image-2020-09-17-at-8-11-36-pm-5f649eeed541df16fd3b62c2.jpeg
Sedangkan untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara daring melalui google meet antara tim pengabdi, kepala sekolah dan guru-guru di SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Kota Malang. Adanya aturan social distancing ini menjadi alasan tim pengabdi dan peserta melakukan secara daring. Seluruh guru di sekolah tersebut sangat antusias mengikuti pelatihan dan pendampingan ini. Sambutan dan apresiasi dari kepala sekolah SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur dalam kegiatan pelatihan.

"Materi dan sharring ilmu seperti ini sangat diperlukan untuk memberikan inovasi yang efektif dalam proses pembelajaran daring", sambut Bapak Nasiruddin Hidayah, S.Hi.

Ada beberapa platform yang dapat digunakan oleh guru-guru dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan sebagai pengedukasian kompetensi teknologi guru SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur dalam menggunakan media pembelajaran online dan juga merancang berbagai bentuk literasi yang dapat dilakukan di masa pandemi agar tetap produktif. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan guru-guru di sekolah tersebut tetap mengupgrade kemampuannya dalam berinovasi dalam pembelajaran daring secara lebih efektif pada tahun ajaran 2020/ 2021 ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x