Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis dan suka membaca. Saat ini bekerja di Yayasan Palung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

YP Adakan Pelatihan Guru, Ajak Guru Implementasikan Pendidikan Konservasi di Sekolah

6 Desember 2022   09:53 Diperbarui: 6 Desember 2022   10:05 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Riduwan saat menyampaikan materi presentasi tentang Gaya Hidup Ramah Lingkungan. (Foto : Rudi/YP).

Tidak kurang 12 guru berkesempatan mengikuti Pelatihan (training) Guru, pada Rabu (30/11/2022). Kegiatan tersebut diadakan oleh Program Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi Yayasan Palung (YP) di SD Negeri 28 Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Pelatihan Guru tersebut sebagai salah satu ajakan kepada guru untuk mengimplementasikan pendidikan konservasi di sekolah.

Manajer Pendidikan Lingkungan dan Media Kampanye Yayasan Palung, Widiya Octa Sefiany, pada kesempatan tersebut mengucapkan berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan tempat untuk berkegiatan.

Lebih lanjut Widiya, sapaan akrabnya mengatakan, "Bulan November merupakan bulan spesial bagi pahlawan tanpa tanda jasa  yang tidak lain ialah guru, tanggal 25 November merupakan hari guru, hari dimana seluruh dunia mengenang jasa seorang guru. Program pendidikan lingkungan Yayasan Palung ikut serta mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru yang ada di Indonesia. Sebagai bentuk dedikasi program pendidikan lingkungan terhadap pendidikan, program pendidikan lingkungan telah melaksanakan kegiatan Training Guru, dengan harapan guru sebagai perpanjangan tangan mengimplementasikan pendidikan konservasi ke siswa-siswi karena guru adalah sumber ilmu yang mendidik generasi bangsa."

Widiya saat mengajak guru-guru diskusi tentang Implementasikan Pendidikan Konservasi di Sekolah. (Foto : Rudi/YP).
Widiya saat mengajak guru-guru diskusi tentang Implementasikan Pendidikan Konservasi di Sekolah. (Foto : Rudi/YP).

Dalam pelatihan guru tersebut, tidak hanya diikuti oleh SDN 28 Penjalaan tetapi juga diikuti oleh MIS Insan Kamil.

Sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan Guru tersebut antara lain adalah Cerita Bernita Purba dari pihak dari Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) yang menyampaikan materi tentang; Kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Palung Sebagai Habitat Orangutan (Pongo pygmaeus wurmbii).

Materi kedua pada pelatihan guru disampaikan adalah Simon Tampubolon dari Yayasan Palung, yang menyampaikan materi tentang; Konservasi Orangutan dan Habitatnya.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Riduwan dari Yayasan Palung menyampaikan materi tentang;  Gaya Hidup Ramah Lingkungan.

Selanjutnya juga semua peserta pelatihan guru di ajak untuk berdiskusi tentang Implementasikan Pendidikan Konservasi di Sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun