Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis dan suka membaca. Saat ini bekerja di Yayasan Palung

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Mengenalkan Orangutan kepada Siswa-Siswi di Sekolah

21 Oktober 2022   13:13 Diperbarui: 21 Oktober 2022   13:16 134 18 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat menyampaikan lecture di SDN 11 Muara Pawan, Ketapang, Kalbar. (Foto: Iis/Yayasan Palung). 

Mengenalkan orangutan kepada siswa-siswi di sekolah menjadi salah satu cara bagi kami untuk menyebarkan  virus-virus konservasi  di Tanah Kayong (Sebutan untuk kabupaten Ketapang dan Kayong Utara).

Seperti misalnya, pada Jumat (21/10/2022) pagi, Program Pendidikan Lingkungan (PL) Yayasan Palung (YP) berkesempatan mengenalkan orangutan  lewat lecture (ceramah lingkungan) kepada siswa-siswi  kelas 4-6 di SDN 11 Muara Pawan, Ketapang, Kalimantan Barat.

Pada kesempatan itu, materi yang disampaikan adalah tentang "Orangutan: Biologi, Ancaman dan Perlindungannya."

Pertanyaan pertama yang disampaikan kepada siswa-siswi adalah Mengapa kita belajar tentang Orangutan?

Beberapa siswa-siswi terlihat tampak bingung dan ragu-ragu untuk menjawab pertanyaan itu.

Lalu, Widiya Octa Selfiany, selaku Manager Program (PL) Yayasan Palung yang saat itu menyampaikan materi lecture menjelaskan bahwa; "Orangutan merupakan  satu-satunya kera besar yang hidup di Asia, aset Bangsa Indonesia.  Selain itu, menjelaskan juga bahwa orangutan merupakan primata yang cerdas sehingga menarik untuk diteliti."

Selanjutnya juga, Widiya menyampaikan bahwa orangutan merupakan petani hutan, penyebar biji dan meregenerasi hutan secara efektif dan orangutan merupakan umbrella species (spesies payung), kata Widiya.

Mengapa  orangutan disebut spesies payung? karena hilangnya orangutan mencerminkan hilangnya ratusan spesies tanaman dan hewan pada ekosistem hutan hujan.

Lebih lanjut dalam penyampian materi itu, Widiya menjelaskan juga bahwa Orangutan merupakan empat kera besar yang ada di dunia. Adapun empat kera besar tersebut terdapat di dua benua; Afrika dan Asia. Kera besar tersebut adalah Gorilla, Simpanse, Bonobo yang mendiami benua Afrika. Sedangkan kera besar lainnya adalah orangutan, yang terdapat di Asia, lebih tetapnya di Indonesia (Pulau Sumatera dan Kalimantan).

Orangutan sangat dilindungi salah satunya karena nasibnya saat ini dari tahun ke tahun semakin memprihatinkan. Ruang hidup dari satwa yang sangat dilindungi ini semakin sempit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan