Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Yuk, Bijak Menggunakan Media Sosial!

29 Juli 2021   12:51 Diperbarui: 6 Agustus 2021   12:55 111 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Bijak Menggunakan Media Sosial!
Foto Ilustrasi (SHUTTERSTOCK)

Mengapa kita berkampanye untuk melakukan penyampaian informasi? Kita dapat melakukan dua cara saat melakukan kampanye, dua cara  tersebut bisa secara offline (langsung) dan online (media sosial).

Jika kampanye secara langsung, pesan kampanye informasi bisa disampaikan dengan cara orasi dan pidato. Cara ini biasanya sering digunakan ketika melakukan demonstrasi. Penyampaian pesan bisa langsung ditulis di kertas atau karton tentang pesan-pesan yang ingin disampaikan.

Media Sosial saat ini menjadi salah satu corong (media) yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi. Media sosial yang biasa kita gunakan, tidak terkecuali blog dan lain sebagainya.

Saking akrabnya kita bermedia sosial (menggunakan media sosial) terkadang membuat kita lupa dengan rambu-rambu mana yang boleh dan mana yang tidak.

Untuk itu perlu kiranya kita memperhatikan beberapa hal saat bermedia sosial :

1. Jangan asal (Sebar/sembarangan) share (kirim) informasi 

Sering kali kita kita menerima pesan berantai tentang informasi peristiwa/kejadian atau lain sebagainya. Sebaiknya kita cek terlebih dahulu benar atau tidaknya informasi tersebut. Jangan asal posting atau share informasi.

2. Jangan Meniru apa lagi plagiat (mengambil karya orang lain) 

Sedapat mungkin kita jangan meniru atau plagiat karya orang lain. Karya orang lain bisa berupa informasi tulisan penelitian dan data yang mungkin saja tidak diperkenankan untuk diperbanyak/disebarkan.

3. Informasi yang disampaikan harus benar (tidak bohong/hoax)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x