Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Setidaknya Inilah yang Bisa Kami Sampaikan untuk Pekan Peduli Orangutan

18 November 2015   13:29 Diperbarui: 18 November 2015   13:40 163 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Anak belajar mendongeng tentang satwa melalui boneka. foto dok. Relawan Tajam & Yayasan Palung

Selama sepekan, sejak sabtu (7/11/2015) hingga minggu (15/11/2015) diperingati sebagai Pekan Peduli Orangutan (PPO) atau orangutan caring week 2015. Berbagai cara atau kegiatan dilakukan untuk kegiatan ini.

Ekspedisi Pendidikan Lingkungan ke kampung-kampung untuk penyadartahuan (kampanye lingkungan lebih khusus orangutan dan habitatnya) kepada masyarakat dan ke sekolah-sekolah itulah yang dilakukan oleh Yayasan Palung, Relawan Tajam bersama pihak pihak sekolah tepatnya SMAN 1 Sandai.

Pesan untuk PPO 2015. foto dok. YP.

Pesan kampanye sandai4orangutan untuk ppo 2015. foto dok. YP

Rangkai kegiatan seperti melibatkan anak-anak sekolah dari tingkat SD hingga SMA menjadi sebuah keharusan yang harus ditanamkan sejak dini terkait pengetahuan (penyadartahuan) tentang arti penting lingkungan dan orangutan saat ini bagi kehidupan manusia.

Keliling kampung di dua Desa (Penjawaan dan Petai Patah) di Kec. Sandai, Ketapang. Kegiatan seperti diskusi masyarakat, puppet show (panggung boneka cerita tentang satwa dilindungi) di SD, lecture (ceramah lingkungan), pemutaran film lingkungan di masyarakat, menuliskan pesan-pesan untuk kampanye lingkungan, mendongeng satwa, mewarnai gambar satwa bagi anak usia dini. Setidaknya inilah yang bisa kami sampaikan untuk pekan peduli orangutan 2015. 

Antusias siswa-siswi SMAN 1 Sandai melakukan Cap jempol dan cap tangan Tree painting (melukis pohon) untuk Pekan Peduli Orangutan 2015. Foto dok. YP

Cap jempol dan cap tangan Tree painting (melukis pohon), di mana mereka menuliskan pesan kampanye, mengisi teka-teki satwa dilindungi dan berbagai kegiatan lainnya. Setidaknya inilah Kampanye penyadaran untuk peduli terhadap nasib orangutan yang bisa kami lakukan.

Antusias, bahagia dan pengetahuan baru setidaknya itulah yang mereka rasakan. Mengingat, bagi mereka (anak-anak sekolah dan masyarakat) kegiatan seperti ini tergolong baru bagi mereka di kampung mereka.

Anak-anak usia dini mewarnai gambar satwa dilindungi. foto dok. YP

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan