Mohon tunggu...
Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Mohon Tunggu... Administrasi - Abdi Negara Indonesia

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Keutamaan 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan

2 Juni 2018   10:01 Diperbarui: 2 Juni 2018   10:29 692 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Keutamaan 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan terbagi atas tiga fase. Masing terdiri atas 10 ramadhan. Salah satu fase tersebut adalah sepuluh malam terakhir. Apa yang menjadi keutamaan sepuluh malam terakhir bulan ramadhan?.

Sebagaimana kita ketahui selama ini bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang menjadi ladang umat Islam berbuat baik karena Allah SWT untuk mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya.

Memasuki 10 malam terakhir di bulan ramadhan, sebagaimana dikisahkan bahwa Rasulullah SAW, lebih fokus dalam beribadah serta lebih banyak menjalankan porsi ibadah dibanding dari malam-malam biasanya.

Fokus beribadah disini, tidak hanya dalam satu bentuk amalan saja, namun semua amal ibadah. Amalan-amalan tersebut diantaranya yaitu shalat, membaca ayat suci Al- Qur'an, berdzikir, shalat malam, shalat tarawih dan amalan ibadah lainnya.

Di sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan ini juga sebagai tempat diturunkannya Al-Qur'an atau Nuzulullul Quran. Sesungguhnya Allah SWT telah menurunkannya (Al-Qur'an) saat Lailatul Qadr atau malam kemuliaan. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu pula turun malaikat-malaikat utusan Allah SWT.

Keutamaan 10 Malam Terakhir Bulan Ramadhan merupakan bukti bahwa Rasulullah SAW memberi perhatian yang lebih terhadap malam 10 terakhir di bulan Ramadhan.

Berikut beberapa keutamaan 10 malam ramadhan yang saya himpun dari berbagai sumber, diantaranya:

  • Sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan merupakan pamugkas dari bulan ramadhan.
  • Sepuluh malam terakhir bulan ramadhan merupakan malam diturunkannya Al-Qur'an dikenal Nuzulullul Quran yang bertepatan dengan malam 17 Ramadhan.
  • Malam seribu bulan atau Lailatul Qadar.

Ternyata malam 10 terakhir di bulan ramadhan memiliki keutamaan yang begitu luar biasa. Dan di malam tersebut juga Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk lebih semangat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Semoga tahun ini kita termasuk menjadi golongan orang-orang yang bertaqwa dan kita masih dipertemukan pada bulan ramadhan berikutnya, usai merayakan kemenangan 1 Syawal 1439 Hijriah. Jangan sampai menyesal dikemudian hari. Aamiin.

Subhanallah ....

Makassar, 2 Juni 2018

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan