Mohon tunggu...
pipit maharani
pipit maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Jember, Perencanaan Wilayah dan Kota

JANGAN HINDARI MASALAH

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Anggaran dan Pembangunan PT INKA di Banyuwangi

30 Maret 2020   21:56 Diperbarui: 30 Maret 2020   22:30 98 0 0 Mohon Tunggu...

Anggaran merupakan dokumen yang berusaha untuk mendamaikan prioritas-prioritas program dengan sumber-sumber pendapatan yang diproyeksikan. 

Anggaran menggabungkan suatu pengumuman dari aktivitas organisasi atau tujuan untuk suatu jangka waktu yang ditentukan dengan informasi mengenai dana yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut atau untuk mencapai tujuan tersebut, Gomes (1995, p.87-88). 

Anggaran atau pembiayaan publik dapat digunakan dalam lingkup daerah/negara dan rumah tangga. Anggaran terbagi menjadi dua, yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).  

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diputuskan oleh pemerintah pusat, sedangkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diputuskan oleh pemerintah daerah melalui persetujuan DPRD.

Selain, anggaran terdapat juga sumber pembiayaan. Sumber pembiayaan berasal dari retribusi pajak, utang, modal asing, dana perimbangan, tabungan dalam negeri, dan investasi. Dari sumber -- sumber tersebut berpengaruh terhadap perekonomian negara. 

Sebagai contoh investasi, telah diketahui saat ini Presiden Jokowi memberikan kemudahan para investor untuk menanamkan sahamnya, karena investasi juga sangat berpengaruh dalam perekonomian negara.

Industri  merupakan salah satu sektor penting dalam pemerintahan. Dalam suatu negara sektor industri menjadi  sebuah kebutuhan yang akan menunjang perekonomian negara karena dengan sektor industri, negara mengalami peningkatan dalam segi pendapatan perkapita setiap tahunnya.  

Untuk meningkatkan sektor industri pemerintah tidak henti-hentinya melakukan pembangunan guna memenuhi sarana prasarana dan fasilitas yang akan berfungsi untuk  memenuhi kebutuhan masyarakat. Pembangunan -- pembangunan ini dilakukan untuk meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pembangunan dalam negara mencakup dalam sistem ekonomi, sosial, politik, infrastruktur, teknologi,pendidikan dan masih banyak lagi.

Menurut Siagian (1994), pembangunan diartikan sebagai "suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara, dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building)". Sudah banyak dilakukan pembangunan -- pembangunan di dalam negera ini. Pembangunan industry juga sudah banyak dilakukan. Lebih dari ratusan bahkan ribuan industri yang telah beroperasi di negara ini. 

Sebagai contoh yaitu PT. Industri Kereta Api (INKA). PT. inka merupakan sebuah perusahaan kereta yang beroperasi sejak 18 Mei 1981. Pabrik kereta ini berdiri di Madiun. Sudah banyak kereta yang di produksi oleh pabrik ini. PT. Inka juga telah melakukan kegiatan ekspor ke berbagai negara seperti Filipina, Singapura, Malaysia, Bangladesh, dan Australia.  

Seiring berjalannya waktu, kerja sama antar negara makin berkembang. Permintaan ekspor kereta semakin banyak. Dalam menyikapi  hal ini, PT. Inka berinisiatif membangun pabrik baru karena didalam pabrik yang berlokasi  di Madiun tidak cukup untuk memproduksi permintaan -- permintaan  kereta dari konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN