Mohon tunggu...
Piero Awuy
Piero Awuy Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Hobi Zaman "Now", Main Game Sambil Dapat Uang

16 Desember 2018   02:03 Diperbarui: 17 Desember 2018   13:43 1450 0 0 Mohon Tunggu...
Hobi Zaman "Now", Main Game Sambil Dapat Uang
https://www.thestar.com.my

Sepuluh hingga duapuluh tahun lalu bermain video game hanya menjadi aktivitas sampingan, baik itu dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, saat ini hobi bermain video game sudah bertransformasi menjadi salah satu perkerjaan yang dapat menghasilkan uang.

Hingga saat ini, aktivitas main game ini mulai disebut dengan e-sports atau electronic sports. Awalnya e-sport hanya dapat dimainkan melalui Play Station atau Personal Computer, seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi saat ini e-sport dapat di mainkan melalui smartphone.

Perkembangan e-sport sendiri mulai di akui di Indonesia sejak diadakannya event olahraga terbesar se-Asia, yakni Asian Games 2018 yang menyertakan beberapa e-sport didalamnya. 

Indonesia sendiri banyak sekali menghasilkan pro gamers khususnya di game Mobile Legend. Dari game Mobile Legend ini menghasilkan anak-anak muda berbakat yang sudah mampu menghasilkan uang yang bukan sedikit. Mulai dari membuka YouTube Channel hingga bergabung dengan tim-tim profesional.

Anak-anak muda ini kian memotivasi banyak anak muda lainnya hingga terjun kedunia e-sport dan salah satu diantaranya adalah Jess No Limit. Jess No Limit merupakan salah satu pro-gamer yang mempunyai penghasilan tertinggi, yaitu hingga miliaran rupiah perbulannya.

Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara paling ditakuti di beberapa game tertentu dan kian menunjukan bakat-bakat muda lainnya. Beberapa sekolah yang ada di ibukota juga mulai menerapkan kurikulum berbasis e-sport.

Namun, dibalik prestasi-prestasi tersebut banyak juga menimbulkan dampat negatif untuk anak-anak muda. Dimana mereka menjadikan game ini sebagai hal yang utama sehingga melupakan prioritas mereka, menjadi malas dan mengalami ketergantungan berlebihan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x