Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Banyak Jawaban "Thank You" selain "You're Welcome" lho

17 Juni 2019   19:11 Diperbarui: 18 Juni 2019   14:28 0 37 11 Mohon Tunggu...
Banyak Jawaban "Thank You" selain "You're Welcome" lho
gambar dari https://www.assante.com

Mengucapkan "you're welcome" sebagai jawab terima kasih dalam bahasa Inggris mungkin sudah sering kita dengar atau lakukan. Memang, jawaban tersebut adalah jawaban yang dapat digunakan secara umum. 

Tapi tahukah kita, ternyata masih banyak ekspresi lain yang bisa digunakan untuk menjawab ucapan terima kasih, selain you're welcome. Malah sebenarnya pada situasi-situasi tertentu menjawab ucapan thank you dengan you're welcome malah kurang klop.

Pada percakapan sehari-hari pun, jawaban lain lebih pas digunakan daripada sekadar you're welcome, termasuk pada suasana casual atau percakapan dengan teman dekat kita.

Contoh kasus, seorang pegawai melihat teman kerja sedivisi sedang membawa dokumen dalam jumlah banyak sehingga tangannya tidak memungkinkan untuk membuka pintu ruangan. Pegawai tersebut pun membantu teman kerjanya membuka pintu ruangan. Saat melewati pintu, teman kerja mengucapkan "thank you.

Pada keadaan seperti ini jawaban seperti "It's nothing", "anytime" atau "no problem" lebih pas daripada jawaban "you're welcome", karena pegawai tersebut dan teman kerjanya sudah cukup akrab dan saling mengenal satu sama lain.

Sekarang mari kita lihat beberapa contoh ekspresi untuk menjawab ucapan terima kasih disesuaikan dengan situasi yang terjadi. Kita mulai dengan jawaban pada situasi non formal dulu.

Untuk menekankan ekspresi kita pada orang yang berterima kasih, kita bisa mengatakan You're Very Welcome, jawaban ini lebih condong ke British English.

Pada situasi tertentu, kita yang diberi ucapan terima kasih sering kali merasa kita-lah yang seharusnya berterima kasih. Untuk menjawab ucapan terima kasih pada keadaan seperti ini, kita bisa mengatakan "thank you" dengan penekanan pada kata terakhir. Atau "No, thank you.

Misalnya kita bersyukur karena bisa mengikuti seminar dari seorang pakar yang kita idolakan berkat undangan seorang teman di panitia. Saat rehat seminar teman tersebut mengatakan, "Thank you for attending this event, Bro?" kita bisa menjawab "No, Thank You."

Untuk menjawab terima kasih dan mengisyaratkan kita senang bisa membantu teman/orang tersebut, kita bisa menjawab My Pleasure. Atau untuk cara yang lebih formal It's Pleasure of Mine. Cara lain mengatakan kita senang bisa membantu adalah I know you'd do the same for me. Tapi jawaban ini lebih sesuai digunakan pada teman yang sudah sangat dekat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x