Mohon tunggu...
php2d kpmumy
php2d kpmumy Mohon Tunggu... Editor - Tim PHP2D UKM KPM UMY

Berisi berita terbaru kegiatan PHP2D dari Tim PHP2D UKM KPM UMY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Keren! Tim PHP2D UKM KPM UMY Masuki Tahap Uji Coba Produksi

31 Agustus 2021   17:10 Diperbarui: 31 Agustus 2021   17:17 165 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Proses Penirisan Daun Kelor Dengan Mesin Spinner (dokpri)

Pelaksanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Penelitian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UKM KPM UMY) telah memasuki tahap uji coba produksi pada Minggu (22/08). Lokasi desa binaan PHP2D UKM KPM UMY terletak di Dusun Danyangan, Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak awal bulan Agustus lalu.

"Pada pelaksanaanya, kegiatan ini dimulai dari proses pemanenan daun kelor hingga pengeringan. Sebelum itu telah disiapkan pula alat produksi penggilingan daun kelor menjadi serbuk sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," jelas La Ode Rajen, Ketua Tim PHP2D UKM KPM UMY. Rajen menambahkan bahwa persiapan alat produksi telah dimulai dari beberapa bulan sebelumnya, mulai dari spinner hingga alat penggiling daun kelor. Saat ini alat produksi tersebut sudah memasuki tahap uji coba sehingga tim pelaksana dapat mengevaluasi kendala yang ada.

Berdasarkan program yang telah direncanakan, setelah dilakukan uji coba produksi serbuk kelor, tim PHP2D akan mengadakan sosialisasi penanaman tanaman kelor kepada warga desa dengan tujuan setiap warga memiliki tanaman kelor sebagai bahan baku utama. .

"Serbuk kelor yang dihasilkan nantinya akan dijadikan sebagai bukti bahwa tanaman kelor yang akan ditanam dapat dijadikan sebuah produk yang siap dipasarkan dan memiliki nilai jual saat disampaikan di sosialisasi," jelas M. Rifqy Alby, selaku penanggungjawab Pengembangan Sumber Daya Masyarakat di PHP2D KPM UMY.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah La Ode Rajen  Roinda dari program studi Teknik Mesin, Muhammad Rifqy Alby dari program studi Ilmu Hubungan Internasional, Gandhi Singgih Wicaksono dari program studi Agribisnis, Muhammad Raihan Alwany dari program studi Akuntansi, Muhajir dari program studi Tenik Mesin, Aisyi Ikrima Amanati dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Muhammad Yusuf Rafif dari program studi Teknik Elektro, Annisa Jasmine Hana Cholidah dari program studi International Govermental, Luthfiyyah Putri Rahmaningrum dari program studi International Govermental, Fella Azhara Halid dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pramudya Fatahillah Agritama Putra dari program studi Teknik Sipil, Rachma Wahyu Permatasari dari program studi International Govermental, Aufi Fauziyyah Dalilah HFB dari program studi Teknik Elektro, Rizky Rayhan Najib dari program studi Teknik Elektromedis, dan Dharmayanti Mahardika Rahayu dari program studi Akuntansi.

PHP2D yang dilaksanakan oleh Tim UKM KPM UMY merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Republik Indonesia.

Oleh : Aisyi Ikrima dan Anisa Fitriani LKD

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan