Mohon tunggu...
Philip Manurung
Philip Manurung Mohon Tunggu... Pengajar

lahir di Medan, merantau ke Jawa, tinggal di Sulawesi, melayani Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Tribut Atas Musik 90-an: Enya

13 Agustus 2019   16:36 Diperbarui: 13 Agustus 2019   19:22 0 6 3 Mohon Tunggu...
Tribut Atas Musik 90-an: Enya
Sampul album A Day Without Rain. Disalin dari: amazon.com

Tidak seorang pun dapat meramal kebangkitan musik lawas.

Baru-baru ini di dalam negeri terjadi semacam kebangkitan campursari. Generasi milenial tiba-tiba menggandrungi Lord Didikempot, yang mereka sebut The Godfather of Brokenhearted. Di luar negeri generasi Miley Cyrus jatuh cinta dengan lagu-lagu Enya.

Dari Film hingga Laboratorium
Cerita bermula tatkala pada bulan Mei 2019 yang lalu, lagu "Caribbean Blue" dipakai sebagai soundtrack dalam serial komedi situasi asal negeri Britania Raya, Derry Girls. Sebelumnya, karya Enya yang lain telah menjadi soundtrack film drama komedi Amerika Serikat berjudul Eighth Grade.

Sang penulis cerita merangkap sutradara, Bo Burnham, kepincut dengan lagu "Orinoco Flow" yang dirilis pada tahun 1988 tersebut. Baginya, lagu itu unik, aneh, tetapi maknanya sangat dalam. Cocok dengan adegan yang ia mau.

Berikut sepenggal lirik dari lagu tersebut.

Let me sail, let me sail, let the Orinoco flow.
Let me reach, let me beach on the shores of Tripoli.
Let me sail, let me sail, let me crash upon your shore.
Let me reach, let me beach far beyond the Yellow Sea.
De de de de de...
Sailway, ...
From Bissau to Palau in the shade of Avalon.
From Fiji to Tiree and the isles of Ebony.
From Peru to Cebu, feel the power of Babylon.
From Bali to Cali, far beneath the Coral Sea.

(Hey, ada nama "Bali" di sini.)

Tidak hanya sutradara yang terbius magis lagu tersebut.

Pada tahun 2017, sekelompok peneliti dari Oregon State University menemukan spesies ikan baru dari sungai Orinoco. Mereka, yang adalah penggemar Enya, kerap memutar lagu "Orinoco Flow" di laboratorium mereka. Maka, spesies baru itu mereka beri nama: Leporinus enyae.

Penyanyi dari Kaum Elf yang Jenius 
Eithne Pdraign N Bhraonin adalah nama Celtic dari Enya Patricia Brennan. Bahasa Celtic sering disebut bahasa kaum Elf. Ia sendiri keturunan Irlandia. 

Lahir dalam keluarga musisi, Enya memulai karirnya dalam sebuah ben keluarga sebagai pemain kibor dan vokal latar. Pada tahun 1982 ia bersolo karir dengan dipandu oleh manajernya, Nicky Ryan. Istrinya, Roma Ryan, bertugas menulis lirik. Kolaborasi antara ketiganya tidak terpisahkan sejak itu.

 Nicky bereksperimen dengan metode "Wall of Sound" yang dipelopori oleh Phil Spector. Triknya adalah menggabungkan berlapis-lapis vokal (multivokal) yang direkam terpisah. Konon, untuk lagu "Angeles" dalam album Shepherd Moons, Enya merekam 500 lapisan vokal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x