Mohon tunggu...
Perwira FikriSyahnarki
Perwira FikriSyahnarki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa Fakultas Hukum S1 Universitas Diponegoro Angkatan 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Hoaks Semakin Merajalela, Mahasiswa KKN Undip Ajak Masyarakat Lawan Berita Hoaks

4 Agustus 2021   09:32 Diperbarui: 4 Agustus 2021   09:41 161 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hoaks Semakin Merajalela, Mahasiswa KKN Undip Ajak Masyarakat Lawan Berita Hoaks
Dok. Pribadi

Bringin, Kota Semarang (3/8). Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum selesai. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah bersama dengan tenaga kesehatan dan satuan kerja tanggap Covid-19 untuk memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia. 

Saat ini pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), membuat masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari di rumah masing-masing, dimana hal tersebut akan meningkatkan intensitas warga dalam menggunakan sosial media.

Berbagai aplikasi messenger seperti Facebook, Instagram, Whatsapp menjadi meningkat sehingga arus informasi dapat diakses dengan sangat mudah dan bebas. 

Tidak dipungkiri bahwa informasi yang diakses tersebut dapat mengandung kesalahan atau bahkan menyesatkan yang mana suatu informasi tidak sesuai dengan faktanya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip 2020/2021 membuat program kegiatan mengenai “pencegahan penyebaran berita palsu/hoax dalam bersosial media bagi masyarakat” yang bertujuan untuk mengajak masyarakat RW 03, Kelurahan Bringin Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang untuk lebih teliti dalam menyaring suatu informasi atau berita dari sosial media.

Pembagian poster kepada warga (Dok. Pribadi)
Pembagian poster kepada warga (Dok. Pribadi)
 

Program kegiatan tersebut merupakan kegiatan positif untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat dalam mencari kebenaran berita/informasi dari sumber lain yang tepercaya terlebih dahulu. 

Jika warga mengetahui kebenaran tentang suatu berita berdasarkan data dan fakta, dapat membantu klarifikasi kebenaran atas berita yang sedang beredar.

Dengan demikian, kita dapat bersama-sama untuk melawan penyebaran berita hoax, dan harapannya tidak ada lagi masyrakat yang terjerumus oleh berita yang tidak sesuai dengan kebenarannya. Sehingga informasi yang didapatkan merupakan berita yang aktual dan dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh: Perwira Fikri Syahnarki, Fakultas Hukum, Program Studi S-1 Ilmu Hukum

DPL: Dr. Ir. Marry Christiyanto., M.P., I.P.M.

Lokasi KKN: RW 03, Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x